Pipa Beton yang Diubah Menjadi Apartemen oleh James Law Cybertecture (Rumah123/Curbed)

Mungkin kamu pernah melihat pipa beton yang akan dipasang sebagai selokan dalam tanah. Pastinya pernah sih karena ukurannya besar dan sering ditaruh di pinggir jalan.

Pernah membayangkan kalau tinggal di pipa beton seperti ini? Hmm, jangan bayangkan kalau kamu bakal seperti Teenage Mutant Ninja Turtles yang tinggal di gorong-gorong lho. Pipa beton ini sudah disulap menjadi hunian.

Baca juga: Harga Apartemen Semakin Tidak Terjangkau, Developer Hong Kong Bangun Unit Mini

Biro arsitek asal Hong Kong, James Law Cybertecture mendesain prototipe hunian yang murah. Hunian ini berupa apartemen mikro.

Ya, ukurannya memang terbatas hanya memiliki lebar 2,5 meter. Hunian ini hanya mempunyai luas 29,9 meter persegi. Hmm, padahal ukuran seperti ini sudah masuk apartemen 1 bedroom atau 2 bedroom di Indonesia ya.

Baca juga: Di Hong Kong Ada Apartemen Seluas 46 Meter Persegi dengan Harga Rp5,1 Miliar!

Founder James Law Cybertecture, James Law menyatakan kalau pipa beton ini dapat ditumpuk hingga cukup tinggi meski berat satu pipa bisa mencapai 20 ton. Hunian ini memang membidik para anak muda alias generasi milenial di Hong Kong.

Law membayangkan kalau kaum milenial tinggal di sini dalam waktu hanya satu dua tahun. Anak muda yang jadi captive market memang dianggap belum mampu memiliki hunian yang layak.

Baca juga: Kombinasi Permainan Warna dan Motif Keramik dalam Studio dan Apartemen di Hong Kong

Untuk membangun apartemen atau hunian mikro ini, hanya dibutuhkan dana 11.000 pound (Rp212 juta). Nantinya biaya sewa juga hanya 300 pound (Rp5,8 juta) per bulan.

Biaya sewa ini jauh lebih rendah dari biaya sewa apartemen satu kamar di pusat Kota Hong Kong yang mencapai lebih dari 1.500 pound (Rp29 juta). Sewa hunian di Hong Kong memang mahal.

Baca juga: Sewa Hunian di Singapura Lebih Mahal dari Hong Kong dan Tokyo?

Meski biaya sewa murah, namun Law mendesain apartemen mikro ini dengan desain kekinian. Untuk masuk apartemen ini saja penghuni harus menggunakan aplikasi dari smartphone-nya. Canggih kan?

Wah, lucu ya solusi hunian yang terjangkau untuk milenial di Hong Kong. Kalau kamu terinspirasi bikin hunian berdesain pipa beton ini juga lucu lho! Tapi, yang penting ya beli dulu huniannya, abis itu mau kamu bikin kayak gini ya oke-oke aja sih!

Baca juga: Rumah Rp2 Triliun, Mewah di Jakarta, di Hong Kong Mah Biasa!

Pipa Beton Dirancang Menjadi Apartemen oleh James Law Cybertecture (Rumah123/Curbed)
Bagikan: 9301 kali