Berolahraga Bersama Anggota Keluarga Menjadi Pilihan Untuk Mengisi Liburan di Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Harga tiket pesawat mahal. Tidak heran banyak yang senewen. Sebenarnya, kalau tiket pesawat mahal, kamu bisa mengalihkan traveling menjadi liburan di rumah saja. Seru juga lho.

Pada Januari 2019, puluhan ribu orang menandatangani petisi meminta penurunan harga tiket pesawat domestik kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Harga tiket mahal walaupun bukan musim puncak liburan alias peak season.

Seperti dilansir oleh CNN Indonesia, Menteri Perhubungan memanggil sejumlah maskapai. Indonesia National Air Carrier Association (INACA) mengakui harga tiket memang haik 40 hingga 120 persen dalam periode November 2018 hingga Januari 2019.

Baca juga: Cuman yang Punya Nyali Super Gede, Berani Traveling ke Sentinel Utara

INACA berjanji menurunkan tarif tiket antara 20 hingga 60 persen. Harga tiket memang turun, namun masyarakat mengeluhkan harga yang kembali mahal.

Sebenarnya, kamu bisa menghabiskan liburan di rumah lho. Banyak yang bisa dilakukan bersama pasangan dan keluarga. Apa saja sih?

Pertama, bermain. Banyak pilihan bermain bersama pasangan atau dengan anak. Kalau dengan anak, pilih permainan yang sesuai dengan usia anak. Pilihlah permainan yang mendidik seperti catur, monopoli, scrabble, dan lainnya. Mau bermain PS4, boleh saja asalkan permainan olahraga seperti sepak bola, balap mobil, dan lainnya.

Baca juga: Lengser Sebagai Presiden AS, Barack Obama Liburan di Pulau Pribadi Bos Virgin

Kedua, menonton acara televisi. Banyak tontonan televisi yang bagus terutama dari jaringan televisi kabel yang menarik dan cocok untuk anak-anak terutama yang membahas flora dan fauna.

Ketiga, menyaksikan film non stop. Kalau kamu dan pasangan belum memiliki putra putri, saatnya habiskan waktu berdua untuk menonton film secara marathon. Jangan lupa siapkan cemilan kesukaan.

Keempat, memasak bersama. Masak bareng juga asyik lho. Coba resep baru agar semua anggota keluarga tertarik untuk ikut serta atau masak saja menu favorit keluarga.

Jika Kamu Memilih Bermain Games Bersama Anak, Jangan Lupakan untuk Memilih Permainan yang Sesuai dengan Usia Putra Putri (Foto: Rumah123/Getty Images)

Baca juga: Liburan yang Cocok untuk Generasi Milenial: Menginap Gratis di Sebuah Kabin di Alaska!

Kelima, melakukan hobi. Kamu bisa menularkan hobi kamu kepada putra putri misalnya melukis, menggambar, bermain musik, dan lainnya. Anak-anak bisa meniru hal positif dari orang tua mereka.

Keenam, olahraga bersama. Kamu bisa mengajak keluarga untuk bersepeda, berenang, jogging, atau aktivitas fisik lainnya. Jogging, jalan santai, atau bersepeda bisa dilakukan di kompleks rumah lho.

Ketujuh, berkebun. Buat rumah kamu menjadi lebih hijau dengan berkebun. Jangan lupa untuk melibatkan anak-anak untuk ikut serta.

Baca juga: Siapa Mau Liburan Gratis di Greenland

Kedelapan, membersihkan rumah hingga mendekorasi rumah. Ikut sertakan anak untuk ikut bertanggung jawab terhadap tempat tinggal mereka. Buat acara ini menjadi lebih menyenangkan.

Sebenarnya, masih banyak lagi kegiatan yang dapat kamu lakukan di rumah mulai dari mendongeng, baca buku, mengundang teman-teman atau keluarga rumah untuk makan bersama, dan lainnya. Hmm, ternyata liburan di rumah bisa seru juga kan.

Memasak Bersama Putra Putri Juga Menjadi Pilihan Lain Saat Memilih Liburan di Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)
Bagikan: 528 kali