Ilustrasi MRT. Pemerintah Terus Menyelesaikan Pembangunan LRT (Light Rapid Transit) Jabodebek Lintas Pelayanan 1 yang Terdiri dari Tiga Jalur yaitu Cibubur-Cawang, Bekasi-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas. Lantaran Itu, Kamu Harus Segera Membeli Rumah di Cibubur Atau Bekasi (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pembangunan transportasi massal LRT (Light Rapid Transit) terus dikerjakan. LRT Jabodedek Lintas Pelayanan 1 akan menjangkau sejumlah di pinggiran Jakarta seperti Cibubur dan Bekasi. Nah, saatnya kamu membeli hunian di area tersebut.

Badan usaha milik negara (BUMN), PT Adhi Karya terus membangun LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi). Selain LRT di Jakarta, pemerintah juga sedang membangun LRT yang menghubungkan daerah penyangga.

Saat ini, LRT Jabodebek yang dibangun adalah Lintas Pelayanan 1. Ada tiga jalur yang sedang dibangun yaitu Cibubur-Cawang, Cawang-Bekasi Timur, dan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas.

Baca juga: MRT dan LRT Bakal Disubsidi, Kamu Bisa Menang Banyak Nih Hemat Ongkos ke Kantor

Perkembangan pembangunan tiga jalur ini beragam. Pada Februari 2019 lalu, pembangunan jalur Cibubur- Cawang sudah mencapai 78 persen, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas telah mencapai 46 persen, dan Cawang-Bekasi Timur mencapai 52 persen.

Seperti dikutip dari laman resmi LRT Jabodebek, lrtjabodebek.com, jalur Cawang-Bekasi Timur memiliki rute sepanjang 18,5 kilometer. Jalur ini mempunyai tujuh stasiun yaitu Jati Mulya, Bekasi Barat, Cikunir 1, Cikunir 2, Jati Bening Baru, Halim, dan Cawang.

Jalur Cibubur-Cawang mempunyai rute sepanjang 14,5 kilometer. Meski terbilang jauh, namun hanya lima stasiun dalam jalur ini yaitu Harja Mukti, Ciracas, Kampung Rambutan, Taman Mini, dan Cawang.

Baca juga: Sering Macet Panjang, Pembangunan LRT dan Kereta Cepat Disetop Sementara

Satu jalur lagi adalah Cawang-Dukuh Atas. Kalau kedua jalur sebelumnya menghubungkan Jakarta dengan kawasan sekitar ibu kota, maka jalur ini menuju ke pusat kota.

Cawang-Dukuh Atas memiliki rute sepanjang 11,5 kilometer. Rute ini mempunyai tujuh stasiun yaitu Cawang, Ciliwung, Cikoko, Kuningan, Rasuna Said, Setia Budi, dan Dukuh Atas.

Kompas.com mengutip pernyataan Direktur Operasional II PT Adhi Karya, Pundjung Setya Brata yang menyatakan konstruksi fisik LRT akan selesai pada akhir 2019. LRT direncanakan beroperasional secara komersial pada akhir 2020 atau pertengahan 2021.

Baca juga: Menurut Kamu, Berapa Sih Tarif LRT

Sebelum uji coba, tentunya LRT harus menjalani serangkaian proses termasuk uji coba. Selain itu, pembangunan depo di Bekasi Timur masih terkendala pembebasan lahan.

Nah, masih ada waktu sebelum pembangunan LRT selesai. Kamu harus membeli rumah sekarang karena kalau LRT sudah selesai dibangun, harga rumah bakal melambung tinggi.

Mulai dari sekarang, kamu bisa memusatkan pencarian rumah atau apartemen di kawasan Bekasi atau Cibubur. Cari hunian yang dekat atau terkoneksi LRT.

Baca juga: Kenapa Sih Jadwal Operasional LRT Kembali Tertunda

Pemerintah akan memberikan subsidi untuk transportasi massal. Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau tarif LRT akan bikin dompet jebol.

Kalau kamu bisa berhemat untuk pergi ke kantor, kamu bisa mengalokasikannya untuk pembayaran uang muka atau down payment (DP) serta cicilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah)/KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Buruan cari rumah di Bekasi atau Cibubur.

Bagikan: 3486 kali