OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Kalau Plafon Diutak-atik, Rumah pun Bisa Tampil Beda!

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto)

Ilustrasi foto: Rumah123/iStock

Material plafon itu beraneka ragam. Tapi, saat ini yang banyak digunakan adalah gipsum. Sifat gipsum yang mudah dibentuk bikin kamu gampang menentukan desainnya. Nah, motif pada gipsum inilah yang membuat plafonmu tampil beda.

Ketimbang papan kayu atau papan multipleks, gipsum bobotnya lebih ringan dan mudah dipasang. Juga gak gampang terbakar. Sedangkan gipsum yang berpori (perforated plasterboard) punya kelebihan bisa menyerap suara.

Selain gipsum, kamu bisa juga memilih plafon yang berbahan PVC (polyvinyl chloride). Bahan ini punya motif bermacam-macam, semisal tekstur kayu, aluminium, dan marmer. Warnanya juga beragam.

Semua kelebihan PVC itu bikin kamu gampang menyesuaikan desain plafonmu dengan finishing-nya. PVC merupakan bahan yang ringan, kuat, dan mudah dipasang. Karena PVC punya rongga-rongga penyerap panas, maka ruangan boleh jadi bisa lebih sejuk.

Baca juga: “Mengundang” Udara Sejuk di Rumah Berplafon Rendah

Pernah dengar istilah strectch ceiling? Material plafon ini berupa lembaran plastik tipis semitransparan. Warnanya beragam. Kelenturannya yang tinggi membuatnya gampang dibentuk sesuai desain yang kamu inginkan. Untuk memasangnya butuh bingkai sebagai penguatnya. Kamu pun bisa mengeksplor material plafon yang satu ini.

Awalnya, strectch ceiling digunakan di Eropa. Kebanyakan sih untuk bangunan komersial semisal pasar swalayan, toko, kantor, dan rumah sakit. Tapi, saat ini sudah umum digunakan, termasuk untuk hunian.

Kalau kamu memilih strectch ceiling untuk plafonmu, kamu juga perlu memainkan lampu agar plafon hunianmu tampak lebih hidup dan nyeni. Bisa kan?


Tag: , , , , ,