Foto: Rumah123/iStock

Seminggu menjelang Lebaran seperti saat ini, penggunaan kartu kredit disinyalir meningkat. Merujuk yang sudah-sudah, biasanya pada saat Ramadan, terutama pada minggu terakhirnya, terjadi peningkatan transaksi kartu kredit. Apakah kamu salah satunya?

"Seperti biasanya, saat Ramadan memang ada peningkatan dan kami memperkirakan di minggu terakhir jelang lebaran akan meningkat lagi sehubungan dengan kegiatan belanja persiapan lebaran," kata Direktur Konsumer PT Bank CIMB Niaga Tbk, Lani Darmawan, seperti dilansir detikFinance, Sabtu (17/6).

Baca juga: Kalau Ga Mau Cepet Kebeli Rumah, Lakukan Sering-Sering 5 Hal ini!

Lani memperkirakan akan terjadi peningkatan hingga 10% untuk transaksi kartu kredit. Nah, karena Tunjangan Hari Raya (THR) sudah di tangan, sementara kebutuhan Lebaran sudah kamu daftar panjang, promo diskon begitu gencar, jangan sampai kamu hilang kontrol. Kalau kamu berniat serius punya rumah, seharusnya alokasi dana THR lebih besar untuk tabungan ketimbang belanja.

Selain gaji ke-13 dan THR pegawai negeri sipil (PNS) yang berdekatan. Faktor turunnya bunga kartu kredit juga jadi pendorong naiknya transaksi belanja.

"Untuk kartu kredit memang pasti akan ada kenaikan, apalagi BI kan sudah menurunkan suku bunga kartu kredit bulan ini," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Erwin Rijanto, seperti dikutip dari detikFinance, Sabtu (17/6).

Baca juga: Umur 26 Tahun Sudah Kebeli Rumah, Gimana Rasanya Ya?

Menurut data detikFinance, transaksi kartu kredit per April 2017 tercatat 17,66 juta kartu, naik dibandingkan periode akhir 2016 yang 17,4 juta kartu.

Adapun nominal transaksi kartu kredit hingga April 2017 adalah Rp95,4 triliun dengan jumlah transaksi tercatat 107,42 juta. Tahun lalu, Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Juli. Data transaksi kartu kredit pada Juni 2016 lalu untuk volume transaksi kartu kredit mencapai 25,5 juta transaksi dengan nilai mencapai Rp23,93 triliun. Wah, banyak juga ya.

Baca juga: Setelah 6 Tahun Menabung, Pasangan Muda Ini pun Kebeli Rumah, Kalau Kamu?

Mau tahu rinciannya? Tarik tunai sebanyak 553,52 ribu transaksi dengan nilai Rp633,4 miliar. Sedangkan untuk belanja, volume transaksi tercatat 25,18 juta dengan nilai Rp23,2 triliun.

Apa saja sih yang dibeli saat belanja menjelang Lebaran? Menurut Direktur Konsumer PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), Anggoro Eko Cahyo, biasanya masyarakat belanja dengan kartu kredit untuk membeli sembilan bahan pokok (sembako), barang elektronik, dan peralatan rumah tangga.

"Ya biasanya akan ada peningkatan untuk pembelian sembako 10%, barang elektronik 5% dan peralatan rumah tangga 7%," kata Anggoro, seperti dilansir detikFinance, Sabtu (17/6).

Bagikan: 2380 kali