Museum yang Didesain oleh Brooks + Scarpa (Rumah123/Dezeen)

Sebuah museum baru berdiri di Cedar City, Utah, Amerika Serikat. Museum ini memiliki nama Southern Utah Museum of Art (SUMA).

Museum ini merupakan bagian dari kampus seni Southern Utah University yang memiliki luas 2,2 hektare. Nama kampus ini sendiri adalah Beverley Taylor Sorenson Center for the Arts.

Baca juga: Sebelum Jadi Museum Seni Kontemporer, Bangunan Ini Ternyata Lumbung Biji

Biro arsitek asal Amerika Serikat, Brooks + Scarpa mendesain museum ini. Biro arsitek ini didirikan oleh arsitek Lawrence Scarpa dan Gwynne Pugh dengan nama Pugh + Scarpa. Namun, sejak 2010, biro ini berubah nama menjadi Brooks + Scarpa.

Museum ini memiliki luas 2.601 meter persegi. Sejumlah fasilitas berada di museum ini seperti ruang pameran, ruang pertunjukan, teater, dan ruang pendidikan.

Baca juga: Keindahan Museum Berbentuk Kapal di Antara Lanskap Pegunungan

Selain itu, masih ada ruang belajar, ruang kantor, dan ruang pertemuan. Plus masih ada bagian plaza untuk pertunjukan.

Fasad museum ini unik karena mengambil inspirasi dari lanskap alam di sekitar universitas yaitu Taman Nasional Bryce Canyon dan Taman Nasional Zion. Dua taman nasional ini populer bagi masyarakat Utah.

Baca juga: Museum Perang yang Tersembunyi di Bawah Tanah

Bagian atap melengkung seperti lembah dan tebing. Salah satu bagiannya mencapai tinggi lebih dari 36,5 meter. Atap memang didesain tinggi dan menjadi kanopi untuk menutupi plaza umum yang menjadi ruang publik.

“Terinspirasi dari formasi batuan dekat Bryce Canyon dan Taman Nasional Gunung Zion, desain utama bangunan menampilkan desain arsitektur seperti lembah dan ngarai yang menutupi seluruh gedung, begitu juga dengan bagian di bawah atap,” ujar Brooks + Scarpa kepada laman arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Wuih, Betapa Indahnya Desain Arsitektur Museum of Islamic Art

Wah, asyik ya kalau punya museum keren kayak begini. Kamu bisa rutin datang untuk belajar banyak hal dari melihat benda koleksi museum.

By the way, kamu rajin datang ke museum nggak? Sering atau malah nggak pernah sama sekali? Jangan-jangan nggak ada museum bagus di kota kamu ya?

Bagikan: 704 kali