Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Mudik saat Hari Raya Idul Fitri menjadi kewajiban banyak orang termasuk Muhammad Fariz (43 tahun). Dia dan keluarga akan berlebaran di Jawa Timur dan Yogyakarta.

Selain berlebaran, dia dan istrinya ingin mengajak kedua anaknya untuk berlibur ke beberapa destinasi wisata.

Baca juga: Awas, Bahaya Kebakaran Ancam Penghuni Gedung Tinggi!

Pria yang menetap di Depok, Jawa Barat tidak terlalu khawatir untuk meninggalkan rumah. Apalagi rumahnya berada di sebuah kompleks perumahan. “Ada satpam dan istrinya yang kita titipin kok,” ujarnya kepada Rumah123.

Selama ini dia merasa aman untuk meninggalkan rumah saat mudik. Karyawan swasta menuturkan kalau warga yang mudik akan melapor kepada pengurus rukun tetangga setempat.

Baca juga: Bikin Gedung Tinggi dari Material Kayu? Bisa Banget Lho!

“Biasanya RT kasih form buat mendata siapa aja yang bakal kosong rumahnya selama Lebaran,” ujarnya.

Sebenarnya, hal ini dipelopori ketika ayah dua anak ini menjadi pengurus RT. Dia memulai untuk mendata siapa saja warga yang mudik dan tidak. Setelah dia tidak lagi menjabat, kebiasaan itu terus dilanjutkan.

Baca juga: Furnitur Perpaduan Desain Kontemporer dan Mesir Kuno, Mau Koleksi Ga?

Dia menuturkan kalau selama ini kompleks perumahannya aman dari tangan-tangan jahil lantaran adanya pendataan dan juga petugas keamanan.

Selain itu, dia menyatakan ada pemberian tunjangan hari raya kepada petugas keamanan yang berjaga. Semua warga yang tinggal di kompleks pun berpatungan menyisihkan uangnya.

Baca juga: Sirkuit Terapung? Hati-hati, Nanti Mobil Balapnya Nyemplung!

Selama mudik, dia mengaku hanya mematikan lampu saja dan mencabut kompor, sementara lemari es masih menyala. “Semua mati kecuali kulkas. Kenapa? Kan ada yang nungguin, hehehe,” ujarnya lagi.

Bagikan:
1710 kali