Ilustrasi Makan Bersama Saat Perayaan Tahun Baru China (Foto: Rumah123/Fox News)

Perayaan besar atau perayaan keagamaan biasanya identik dengan jamuan makan. Kalau saat perayaan Tahun Baru China, kira-kira ada makanan apa ya?

Saat ada perayaan keagamaan atau perayaan besar, biasanya ada tradisi berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Pastinya ada makanan khas yang dihidangkan untuk para tamu.

Ada sejumlah makanan yang biasanya disajikan saat perayaan Tahun Baru China atau Imlek. Bagi masyarakat China, makanan-makanan tersebut memiliki makna atau simbol penting.

Baca juga: Kenapa Sih Imlek Identik dengan Dekorasi Berwarna Merah?

Saat perayaan Tahun Baru China, ada tradisi makan malam bersama seluruh keluarga besar. Kakek nenek, orang tua, paman bibi, serta seluruh anggota keluarga bakal berkumpul untuk makan malam bersama.

Mau tahu makanan apa yang biasanya tersaji di meja makan? Biasanya makanan yang ada adalah mi, dimsum, lumpia, nasi berbentuk bola dengan rasa yang manis, kue beras, jeruk Mandarin, dan ikan.

Mi merupakan salah satu makanan wajib masyarakat China selain nasi. Mi melambangkan kebahagiaan dan panjang umur.

Baca juga:  Hidangan untuk Imlek Ada Aturannya Loh, Hayo Kenapa?

Dimsum dan lumpia melambangkan kekayaan. Nasi berbentuk bola dengan rasa yang manis dikenal dengan nama tangyuan. Nasi ini melambangkan kebersamaan keluarga.

Kue beras dikenal juga dengan nama niangao. Kue beras ini melambangkan status yang tinggi atau penghasilan yang tinggi.

Buah jeruk Mandarin melambangkan kecukupan dan kekayaan. Sedangkan ikan melambangkan kemakmuran.

Baca juga:  Mau Tau Kenapa Selalu Ada Kembang Api dan Barongsai Saat Imlek

Bagikan: 757 kali