Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Berapa kenaikan harga rumah di perkotaan? 10 persen, 20 persen, atau mungkin lebih. Itu hanya dalam satu tahun saja lho.

Masalah harga rumah yang naik memang menjadi problem banyak negara, tidak hanya Indonesia. Bayangkan kalau rumah sederhana di Vancouver dan Toronto, Kanada bisa mencapai 1 juta dollar Kanada (Rp10 miliar).

Baca juga: Ga Ada Hunian Ideal, Generasi Milenial Harus Beli yang Terjangkau Lebih Dulu

Teranet-National Bank Home Price Index melansir kalau harga hunian di Toronto naik hingga 63 persen dalam lima tahun terakhir. Sementara harga rumah di Vancouver malah naik hingga 65 persen dalam lima tahun terakhir.

Kalau dirata-ratakan kenaikan harga hunian di kedua kota ini mencapai 12 hingga 13 persen per tahun. Wah, tentunya ini menyulitkan mereka yang ingin membeli rumah.

Baca juga: Lagi Bete? Pengen Cari Inspirasi? Langsung Aja Masuk Kapsul Kaum Urban

“Mimpi untuk memiliki rumah mungkin bakal sirna. Ketersediaan rumah menjadi masalah besar di perkotaan,” ujar President of Canada Mortgage & Housing Corp, Evan Siddall kepada Vancouver Sun.

Impian untuk memiliki hunian bakal sulit terwujud? Kalau masih memaksa untuk tinggal di kota besar sepertinya memang sulit kecuali kamu memiliki pendapatan yang sangat besar.

Baca juga: Milenial Pilih Tinggal di Kawasan Sub Urban, Nah Begini Dong!

Supaya tidak hanya sekedar mimpi doang, coba deh lirik rumah di kawasan pinggiran, pasti masih banyak yang harganya tidak terlalu mahal. Cicilannya juga pasti masih terjangkau.

Kalau kamu maksa beli rumah di pusat kota ya susah. Solusi lainnya paling hanya membeli apartemen studio yang cicilannya juga masih terjangkau oleh pendapatan kamu.

Baca juga: Kawasan Sub Urban Lebih Hidup Karena Pengaruh Milenial, Beneran Lho

Sebenarnya, kamu nggak perlu khawatir untuk tinggal di pinggiran kota. Kamu bisa mencari perumahan dengan fasilitas bagus dan akses transportasi yang baik. Jadi walaupun jauh, kalau kamu bisa menggunakan transportasi umum dan hanya memakan waktu 1 jam, jadi kenapa nggak tinggal di pinggiran aja?

Bagikan: 1723 kali