Foto: Rumah123/iStock

Menabung agar bisa membeli rumah impian memang bukan perkara mudah. Beberapa pos pengeluaran pun harus dihemat, bahkan ditutup sama sekali agar rumah idaman segera kebeli.

Akan tetapi, ada hal-hal lain yang tanpa kamu sadari akan menghambat kamu membeli rumah impian. Apa saja sih?

Pertama, Gonta-ganti Gadget

Mulai dari smartphone, komputer tablet, hingga perangkat mendengarkan musik. Setiap tahunnya, selalu ada inovasi dan gadget terbaru di pasaran. Mengikuti perkembangan tren gadget yang amat dinamis tentunya dapat membuatmu boros, bukan?

Selama gadget lama masih berfungsi baik, tak ada salahnya masih digunakan, bukan? Selama OS-nya masih kompatibel untuk aplikasi terbaru, kondisinya masih baik dan layak digunakan, ada baiknya kamu menahan sejenak hasratmu untuk gonta-ganti gadget.

Kedua, Gaya Hidup Mahal

Minum kopi seharga Rp50 ribu, makan di restoran mewah, perawatan ke salon mahal, hingga liburan mewah dan menginap di hotel berbintang. Itulah gaya hidup yang tanpa disadari mungkin kamu lakoni.

Segala sesuatu berbau gaya hidup dan meningkatkan kelas sosial seringkali membuat pengeluaran membengkak. Agar tabungan tidak kebobolan, kurangi kebiasaan mengeluarkan uang untuk hal-hal mewah yang berhubungan dengan gaya hidup mahal.

Ketiga, Kos-Kosan Mewah 

Ketika penghasilanmu bertambah, alih-alih menabung untuk beli rumah, kamu malah pindah ke tempat kos yang lebih bagus. Biasanya, juga lebih mahal.

Akibatnya, setiap bulannya kamu harus membayar sewa selangit yang membuatmu merasa tak mampu membeli rumah. Padahal, jika uang tersebut disisihkan, mungkin bisa untuk mengangsur cicilan rumah.

Kempat, Hobi yang Menyita Pendapatan 

Hobi ini bisa mulai dari mengumpulkan action figure superhero idola, hingga koleksi kaos dan merchandise klub sepak bola kesukaan. Memiliki hobi dan kesukaan tentunya menyenangkan dan sah-sah saja, asal kamu bisa mengontrol diri dan bukan malah membuatmu boros.

Nah, kalau untuk membeli gadget, membeli barang mewah, makan di tempat mahal, hingga membayar kamar kos dengan harga sekian juta kamu mampu, coba pikirkan lagi, apa benar kamu belum mampu beli rumah? Jangan-jangan hanya kamu saja yang terlalu konsumtif hingga lalai menabung.

Kelima, Tak Tahan Godaan Barang Diskon

Diskon selalu menggoda. Department store berlomba-lomba menggelar diskon setiap waktu. Padahal, jika dicek lagi, perbedaan harganya kadang tak terlalu besar dengan harga sebelumnya. Coba buatlah prioritas barang yang paling kamu perlukan, jangan sampai belanja berlebihan ah!

Bagikan: 3710 kali