Foto: iStock Photo Foto: iStock Photo

Bosan dengan lantai keramik, parket pun jadi pilihan di rumah atau apartemen. Mudah dipasang dan dibersihkan, tapi jangan salah rawat karena harganya lumayan mahal.

Lantai kayu parket memang membutuhkan perhatian khusus ketimbang keramik. Pasalnya, material kayu memiliki kerentanan.  Meski demikian, untuk menjaga dan merawatnya juga tak terlalu cukup dengan menyapu setiap hari atau menggunakan vacum cleaner.

Baca juga: Hmm, Suasana Alami di Rumah dengan Keberadaan Taman

Jika ingin mengepel, pastikan gunakan sabun khusus lantai parket. Alatnya pun harus diperas hingga tidak begitu basah. Jika terlalu basah, genangan air akan menyerap ke dalam parket dan menjadi lapuk.

Tidak hanya itu, terserapnya air dalam parket bisa membuat kayu berderit. Bila terkena noda dari makanan atau minuman, cepatlah lap menggunakan tisu basah atau lap kering.

Pernah dengar nama belimbing wuluh dan lemon? Dua buah ini bisa membuat lantai parket mengkilap. Penyemiran ulang juga dibutuhkan setiap bulannya. Pun coating yang dilakukan tiap dua tahun.

Baca juga: Ingat, Kamu Nggak Boleh Lupa Membersihkan Keranjang Sampah

Yang harus diwaspadai adalah menggeser furnitur. Jangan pernah lakukan itu, ya! Menggeser barang berisiko menimbulkan goresan. Kalau harus digeser, sebaiknya furnitur dilapisi kain atau kertas  tebal, ya! (Vri)

Bagikan: 868 kali