Foto: Rumah123/Istock
 

Kalau kamu pintar mengelola pendapatan, tujuan finansialmu ga mustahil bisa kesampaian. Beli hunian, misalnya, itu merupakan tujuan keuangan yang bukan mustahil. Masih ingat ungkapan “Gaji berapa pun cukup untuk membiayai hidup. Tapi, gaji berapa pun ga bakal cukup untuk membiayai gaya hidup” ?

Apa pun tujuan keuanganmu, bisa dicapai kalau kamu cermat dalam mengeluarkan uang. Jangan terjebak kebiasan membelanjakan uang tanpa mempertimbangkan apakah itu kebutuhan atau keinginan?

Baca juga: Rumah Irit Energi Menyelamatkan Isi Kocekmu!

Jika ada alternatif yang lebih murah untuk kebutuhanmu, kamu ganti aja ke alternatif itu. Kalau kamu stop membelanjakan uangmu untuk tujuan yang kurang atau tidak penting, maka uang tersebut bisa kamu tabung. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Kalau uangmu sudah sebukit, beli hunian tinggal pilih saja, ya kan?

Berikut ini hal-hal yang perlu kamu tinjau supaya bisa lebih irit. Apa sajakah?

Stop Biaya Berlangganan yang Tak Perlu

Perlu Nge-gym Rutin atau Sesekali Saja?

Kamu masih langganan majalah bulanan, tabloid dwi mingguan, hingga koran harian? Yakin, kamu masih butuh itu semua? Di zaman now sekarang ini yang serba-teknologi minded, semua hal dapat kamu baca dan cari di gadget dalam genggamanmu.

Berlangganan sport club/member gym? Coba periksa lagi, apakah kamu benar-benar memaksimalkannya? Setahun belakangan ini, berapa kali kamu memanfaatkan keanggotaan tersebut? Jarang? Atau bahkan mungkin kamu ga pernah menggunakannya sama sekali.

Coba perhatikan lagi kebutuhanmu, apakah kamu hanya sesekali saja berolahraga, ataukah memang ingin rutin berolah-tubuh di gym? Kalau ya, apakah masih mungkin memilih lokasi gym yang bisa lebih menghemat pengeluaranmu?

Baca juga: 4 Cara Sukses Kumpulkan Uang DP Rumah, Mau Tahu?

Perlu TV Kabel atau Internet?

Di era serba-teknologi dan informasi saat ini, tentunya kamu butuh akses internet yang cepat, bukan? Tapi, apakah butuh juga TV kabel? Saat ini di rumah mungkin kamu berlangganan TV kabel yang satu paket dengan internet. Coba pertimbangkan lagi apakah TV kabel tersebut benar-benar ada yang menonton? Kalau kamu seringnya streaming, untuk apa TV kabel? Coba pastikan lagi pengeluaran untuk ini.

Stop Boros Listrik

Kamu mungkin ga sadar bahwa tagihan listrikmu per bulannya mungkin masih bisa dihemat. Apalagi saat ini kenaikan tarif listrik cukup signifikan. Penggunaan listrik yang tak perlu, kadang hanya karena kita abai saja. Kalau tagihan listrikmu masih bisa dihemat lagi, maka mulailah bijak menggunakan listrik.

Baca juga: 5 Tips Menurunkan Tagihan Bulanan Rumah, Laksanakan Yuk!

Jangan lupa mematikan lampu saat tak dibutuhkan, terutama ketika  siang. Gunakan mesin air secukupnya saja. Gunakan peralatan elektronik yang hemat energi listrik. Cabut semua kabel charger atau  kabel yang lainnya (semisal TV, kulkas, AC, kipas angin) saat tak mengisi daya listrik atau tak digunakan.

Meski tampaknya “mati” tapi kalau kondisinya terhubung jaringan listrik berarti tetap ada listrik yang di’telan’nya meski sekecil apapun. Biar kecil, kalau berjam-jam, berhari-hari, di beberapa alat, sebulan energi listrik yang ditelannya totalnya lumayan juga, kalau setahun?

Nah, mulailah berperilaku irit dari sekarang. Boros itu pangkal kantong kembang-kempis, ga mau kan?

 
Bagikan:
2795 kali