mobil listrik- rumah123.com PT PLN Persero Akan Memberikan Diskon Tarif Hingga 30 Persen Bagi Konsumen yang Mengisi Daya Listrik untuk Kendaraan Listrik, Mobil Atau Motor Listrik (Foto: Rumah123/Getty Images)

PLN akan memberikan diskon tarif listrik bagi kamu yang mengisi daya kendaraan listrik di rumah. Diskon tarif mencapai 30 persen lho.

Laman berita online Kompas.com melansir bahwa PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) Persero akan memberikan diskon tarif bagi kamu yang mengisi daya mobil dan motor listrik di rumah.

PLN memberikan diskon tarif sebesar 30 persen bagi pemilik mobil listrik atau motor listrik mulai Ahad, 1 September 2019. Jadwal pengisian listrik mulai pukul 22.00 WIB  hingga pukul 04.00 (Waktu Indonesia Barat).

Baca juga: Kawasan Mana Saja yang Mendapatkan Ganti Rugi Listrik Padam dari PLN

BUMN (Badan Usaha Milik Negara) ini juga memberikan pelayanan menarik saat diskon tambah daya listrik. PLN bakal memberikan diskon sebesar 75 persen bagi pemilik motor listrik dan diskon sebesar 100 persen atau gratis bagi pemilik mobil listrik.

Layanan ini dilakukan agar para pemilik dan juga pengguna mobil dan motor listrik bisa memakai charging station di rumah tanpa mengalami kendala daya listrik.

“Ada diskon dari jam 10 malam sampai jam 4 pagi, nge-charge di rumah ada diskon 30 persen mulai 1 September 2019 sampai seterusnya,” ujar Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani. Sripeni menjadi Plt Direktur Utama PLN sejak awal Agustus 2019.

Baca juga: PLN Akan Berikan Diskon Tarif 35% untuk Tagihan Listrik Agustus 2019

Sripeni mengungkapkan hal ini dalam pameran dan konvoi kendaraan listrik di kawasan Monas (Monumen Nasional) di Jakarta pada Sabtu (31/8/2019).

Daftarkan Diri Sebelum Mendapatkan Diskon dari PLN

Sebelum mendapatkan diskon pengisian listrik dari PLN, kamu selaku konsumen harus mendapatkan diri terlebih dahulu. Hal ini diungkapkan oleh Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Tris Yanuarsah.

Tris menjelaskan bahwa supaya konsumen dapat mengisi daya mobil listrik atau motor listrik dari rumah, pelanggan harus melakukan pendaftaran terlebih dulu kepada PLN,

Hal ini harus dilakukan lantaran meteran dan adaptor yang dipakai untuk mengalirkan listrik ke motor listrik atau mobil listrik berbeda dengan mengalirkan listrik untuk peralatan rumah tangga.

Baca juga: Jaringan Listrik Padam, Aktivitas Masyarakat Nyaris Lumpuh

“Kita kan setting dulu meterannya, adaptornya juga beda. Jadi bisa bilang ke kita dulu sebelumnya,” kata Tris Yanuarsah.

Motor listrik dan mobil listrik tentunya membutuhkan daya pengisian yang lebih besar dibandingkan untuk peralatan rumah tangga seperti televisi, pendingin udara (AC), lemari es, mesin cuci, microwave, dan lainnya.

Konsumen Akan Mendapatkan Dua Tagihan dari PLN

Tris juga menyatakan bahwa setelah konsumen mendaftarkan diri ke PLN untuk dapat menggunakan charging station di rumah untuk mobil listrik atau motor listrik, kamu akan mempunyai dua tagihan.

Tagihan pertama adalah tagihan listrik bulanan. Tagihan kedua adalah tagihan untuk charge atau mengisi daya mobil listrik atau motor listrik. PLN akan memberikan diskon sebesar 30 persen pada tagihan kendaraan listrik setiap bulan. Diskon tersebut diberikan secara otomatis pada tagihan.

Bagaimana kamu tertarik untuk membeli motor listrik atau mobil listrik? By the way, hanya mobil listrik yang bisa melintas di kawasan ganjil genap lho. Dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperluas penerapan sistem pembatasan kendaraan ganjil genap pada 25 ruas jalan di Jakarta.

Baca juga: Transjakarta, Commuter Line, dan MRT Kembali Beroperasi Normal

Bagikan: 1222 kali