Ilustrasi Nyamuk (Foto: Rumah123/EDC Europa.eu)

Dinas Kesehatan Kota melansir bahwa jumlah pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) sepanjang Januari 2017 naik tujuh kali lipat dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. Wah, buat kamu warga Depok hati-hati ya gaes.

Pada Januari 2018, hanya ada 75 pasien DBD. Sementara pada Januari 2019, sudah tercatat ada 436 positif DBD dan 70 orang lainnya diduga DBD. Hmm, kok jumlah penderita naik hampir tujuh kali lipat ya.

“Sekarang agak susah, karena mobilitas agak tinggi, bisa jadi di lokasi tinggalnya bersih, namun di kantornya atau sekolahnya kurang bersih. Jadi ini masih kita telusuri di masing-masing kelurahan apa penyebabnya,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Depok, Umi Zakiati seperti dilansir oleh Kompas.com.

Baca juga: Waspada Demam Berdarah, Yuk Mulai Bersih-bersih Rumah

Ada lima kelurahan di Depok dengan jumlah pasien DBD tertinggi yaitu Beji, Cipayung, Harjamukti, Pancoran Mas, dan Ratujaya. Kelurahan Cipayung menjadi yang tertinggi dengan 38 orang penderita.

Buat kamu yang tinggal di Depok, saatnya kamu ikut dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Kamu harus aktif setidaknya dari rumah sendiri.

Kamu sudah tahu program 3M Plus? Program ini merupakan singkatan dari menguras, menutup, dan menimbun. Kamu harus rajin menguras tempat air karena nyamuk Aedes Aegypti suka bertelur di tempat yang bersih.

Baca juga:  Cek Dulu Nih, 5 Kecamatan di Jakarta dengan Tingkat DBD Tertinggi

Kamu juga harus menutup wadah air. Jangan sampai nyamuk bisa bertelur. Terakhir kamu harus menimbun benda yang bisa menjadi wadah air dan kemudian menjadi sarang nyamuk.

Sementara plus adalah kamu menggunakan lotion agar tidak digigit nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, menggunakan kelambu, menaburkan bubuk larvasida pada tempat air, membuka jendela agar sinar matahari masuk karena nyamuk memang suka berada di tempat gelap.

By the way, kamu juga harus mengenali gejala DBD ya. Gejalanya adalah demam tinggi mendadak, nyeri pada otot, sakit kepala parah, mual dan muntah, serta kelelahan.

Baca juga:  Waduh, Sudah Ada Puluhan Orang di Bekasi Positif DBD

Bagikan: 555 kali