Generasi Milenial- Rumah123.com Jumlah Generasi Milenial Amerika Serikat yang Kembali Tinggal Bersama Orang Tua Terus Meningkat, Hasil Ini Merupakan Temuan Riset Pew Research Center dan U.S. Census Bureau (Foto: Rumah123/Getty Images)

Generasi milenial yang kembali ke rumah orang tua mereka semakin meningkat belakangan ini. Apakah jadi bukti kaum milenial kesulitan untuk membeli rumah?

Lembaga riset ternama yang berbasis di ibu kota Amerika Serikat Washington DC, Pew Research Center menyatakan dalam hasil risetnya bahwa persentase generasi milenial yang tinggal di rumah orang tua mereka meningkat pada 2016. Persentasenya mencapai 15 persen.

Pada 1965, persentase mereka yang berusia 25-35 tahun yang masih tinggal bersama orang tua hanya 7,5 persen. Begitu juga saat memasuki era 1980-an, persentase masih nyaris sama.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Alasan Kenapa Kaum Milenial Harus Beli Rumah Pada Usia 20-an

Saat memasuki dekade 1990-an, persentasenya naik menjadi 10 persen. Lantas persentasenya sempat menurun saat memasuki 2000-an. Tetapi, pada era di atas 2015-an, persentase naik pesat.

Hasil riset Pew Research Center ini kemudian diulas oleh The Wall Street Journal. Riset serupa juga dilakukan oleh U.S. Census Bureau atau Biro Sensus Amerika Serikat.

Riset menemukan kalau satu dari tiga generasi milenial yang berusia 18 hingga 34 tahun masih tinggal bersama orang tua mereka. Jumlah itu sama dengan 22,9 juta orang.

Baca juga:  Hanya 16% Kaum Milenial yang Bergaul Sama Tetangga

Banyak alasan yang membuat kaum milenial masih tinggal menumpang dengan orang tua yaitu menunggu pekerjaan pertama, membayar hutang uang kuliah, sedang mengejar tingkat pendidikan yang lebih tinggi, menabung untuk pernikahan, atau menabung uang muka untuk membeli rumah.

“Saat ini, anak muda memerlukan waktu lebih lama untuk meraih pencapaian lebih lanjut,” ujar laporan Biro Sensus Amerika Serikat. Hasil ini memang berbeda jauh dibandingkan hasil pada 1975.

Sebenarnya, hal ini memang tidak mengejutkan lantaran belakangan ini biaya sekolah semakin tinggi, tidak ada kepastian di bursa kerja, dan meningkatnya penundaan pernikahan.

Baca juga: Waduh, 41% Kaum Milenial Gunakan Kartu Kredit untuk Renovasi Rumah

Sekedar informasi, orang di Amerika Serikat sudah biasa meminjam uang di bank untuk kuliah alias mengambil student loan. Selain itu, mereka yang sudah cukup usia alias sudah punya kartu identitas, akan pindah dari rumah orang tua.

Usai anak pindah, orang tua akan melakukan down size hunian atau membeli rumah yang lebih kecil. Pilihan lainnya adalah mengubah kamar anak menjadi kantor atau ruang berolahraga.

Hal ini tentu berbeda dengan masyarakat Asia. Biasanya anak masih tinggal bersama orang tua selama belum menikah, tidak peduli usianya sudah 30 tahunan dan telah mapan.

Baca juga: Hanya Generasi Milenial yang Berani Beli Rumah Berhantu

Nah, kamu sendiri bagaimana sebagai generasi milenial Indonesia? Apakah kamu sudah memiliki rumah sendiri atau masih menumpang di rumah orang tua?

Sudah saatnya kamu mulai hidup mandiri dengan memiliki rumah atau apartemen sendiri. Tidak ada masalah kamu masih tinggal bersama orang tua, tetapi kamu telah mempunyai properti yang disewakan.

Bagikan: 1883 kali