Jet Lag Bisa Berisiko Banyak Terhadap Kesehatan, Salah Satunya Risio Diabetes (Foto: Rumah123/Toronto Star)

Siapa pernah mengalami jet lag? Buat kamu yang sering bepergian karena pekerjaan, jalan-jalan, atau lainnya pasti pernah merasakannya.

Mungkin pekerjaan kamu membuat kamu harus pergi ke luar negeri atau luar kota dalam durasi yang sering. Perjalanan menggunakan pesawat terbang bisa menyebabkan jet lag.

Apaan sih jet lag? Kira-kira begini sih, tubuh kamu nggak bisa atau belum dapat menyesuaikan diri dengan waktu setempat.

Baca juga: Siapa yang Mau Bobo Siang di Sini?

Hal ini terjadi karena kamu melakukan perjalanan melintasi wilayah dengan perubahan waktu. Nah, saat kamu seharusnya tidur, namun tubuh kamu tidak bisa menyesuaikannya.

Ketika kamu mengalami jet lag, kamu bakal terlihat sangat lelah, kesulitan berkonsentrasi, dan mengalami perubahan mood. Jadi baper deh.

Perubahan nggak hanya terhadap psikis lho, tetapi juga ke fisik. Situs Daily Mail melansir hasil penelitian yang dilakukan oleh University of California Berkeley di Amerika Serikat.

Baca juga:  Wow, Rumah Peristirahatan Ini Dirancang untuk Memberikan Inspirasi Lho

Penelitian yang dilakukan pada 2010 ini menemukan kalau jet lag kronis akan menimbulkan perubahan pada hippocampus. Ini merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab pada ingatan dan kemampuan belajar.

Sementara penelitian dari Toho University di Jepang menemukan dampak fisik lainnya. Riset menemukan kalau jet lag bisa mengakibatkan diabetes.

Tidak tidur selama satu malam bisa berefek pada kemampuan memproduksi insulin. Nah, insulin merupakan zat yang mengendalikan level gula darah. Jika sudah meningkat maka berpengaruh pada metabolisme tubuh yang mengakibatkan diabetes tipe 2 dan masalah hati atau liver.

Baca juga: Kerja 100 Jam Seminggu Buat Nyicil Rumah? Truz Kapan Istirahatnya?

Buat kamu yang sering bepergian dan tidak ingin terkena jet lag, coba untuk memaksakan diri tidur lelap. Caranya mudah kok, gunakan saja penutup mata untuk bikin kamu tidur nyenyak. Tutup juga tirai serta matikan lampu sehingga suasana kamar seperti saat kamu sedang tidur di malam hari. Usahakan untuk mencari waktu istirahat ya. Yuk, hidup sehat dari rumah.

Bagikan: 414 kali