Tampilannya yang unik bisa dijadikan sebagai dekorasi taman minimalis di rumah. Ini dia jenggot musa, si tanaman hias unik. 

jenggot musa

Tanaman bernama Latin Tillandsia usneoides ini pertama kali ditemukan di Inggris dengan rupa seperti semak-semak yang menggantung dari atas pohon. 

Kalau kamu ingin menambahkannya ke dalam koleksi tanamanmu, simak dulu cara perawatannya di bawah!

Cara Merawat Tanaman Jenggot Musa 

Supaya tanaman hias yang pelihara bisa tumbuh dengan baik dan tidak cepat layu, perhatikan cara perawatan yang tepat sesuai jenisnya. 

Termasuk pula jenggot musa yang membutuhkan penanganan khusus yang cocok dengan karakteristiknya, yakni: 

- Memiliki daya tahan yang tinggi terhadap suhu dingin; - Pertumbuhan yang mengikuti iklim lingkungan sekitar;  - Hidup dengan cara menempel pada inang berupa pohon, sehingga tidak membutuhkan media tanam berupa pot atau tanah sama sekali;  - Tumbuh dengan menggantung, serta memerlukan perawatan secara rutin. 

Perawatan rutin yang diperlukan oleh tanaman hias gantung ini bisa kamu pelajari di bawah ini!

Metode Penyiraman 

Tak sekadar menumpahkan air ke media tanam, cara menyiram tanaman hias yang tepat membutuhkan teknik khusus agar penyerapan bisa maksimal. 

Begitu pula dengan jenggot musa yang sangat menyukai lingkungan lembap, sehingga proses penyiraman perlu dilakukan secara berkala. 

Kamu cukup menggunakan sistem penyiraman semprotan dengan frekuensi dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari.

Di musim kering, kamu juga dapat merendam tanaman di dalam air sebanyak dua kali per minggu. 

Disarankan untuk menggunakan air tampungan dari hujan atau kolam untuk menghindari kandungan klorin berlebih yang bisa memicu pertumbuhan jamur dan pembusukan.  

Asupan Cahaya Matahari 

Sebagai tanaman hias yang menyukai lingkungan lembap, selain proses penyiraman, kamu juga mesti memerhatikan faktor pencahayaan. 

Pasalnya, sinar matahari berlebih bisa membuat jenggot musa kehilangan air lebih cepat yang berakibat pada terhambatnya pertumbuhan batang dan daun. 

Ada baiknya untuk tidak menempatkannya langsung di area yang terpapar sinar matahari langsung, kecuali kamu memiliki sistem penyiraman otomatis berupa sprinkler di taman minimalis.  

Suhu Optimal untuk Jenggot Musa

Seperti yang sudah kami jelaskan di poin sebelumnya, salah satu karakteristik yang dimiliki tanaman jenggot musa adalah daya tahannya yang sangat baik dalam suhu dingin. 

Suhu ideal yang mampu mendukung pertumbuhannya berada di kisaran 10 sampai 32 derajat celcius, atau dijaga rata-rata pada angka 15 derajat sepanjang tahun. 

Pemberian Pupuk 

Nutrisi yang cukup dapat membantu memberikan asupan yang dibutuhkan oleh tanaman jenggot musa untuk berkembang dengan maksimal. 

Jenis pupuk tanaman cair bisa menjadi opsi terbaik untuk memastikan penyerapan yang optimal dan sesuai takaran. 

Frekuensi pemberiannya sendiri disarankan dua sampai tiga kali sebulan jika berada di musim panas, dan cukup sekali saja kalau sedang musim hujan/dingin.  

Manfaat Tanaman Jenggot Musa 

Dekorasi alami yang estetis dan bikin taman kamu tambah cantik, ternyata jenggot musa juga menyimpan sejuta manfaat lainnya. 

Bukan cuma bisa dipakai sebagai aksen visual saja, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat termasuk: 

- Kanker; - Mencegah dan mengobati penyakit HIV; - Mencegah penyakit diabetes;Obat gatal-gatal; - Menghilangkan jamur di kulit;Mengobati eksim; - Menghilangkan jerawat; - Menurunkan tekanan darah tinggi; - Menurunkan kadar kolesterol; - Menyembuhkan rematik; - Menghilangkan nyeri pada saat usai persalinan; - Obat sakit perut.

Harga Tanaman Hias Jenggot Musa 

Tertarik untuk memelihara tanaman hias yang satu ini? 

Sayangnya kamu harus membutuhkan usaha ekstra untuk menemukannya di pasaran. 

Sebab tidak semua toko tanaman menjual jenggot musa karena tergolong spesies yang tidak mudah didapatkan. 

Jadi jangan harga jualnya bisa melambung tinggi, yang bahkan dipatok dalam kisaran per helai. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di Citra Garden Sidoarjo!

Bagikan:
21481 kali