OK

Canggih, Jaringan Kabel di Ibu Kota Negara Pakai Terowongan Bawah Tanah Berukuran Besar!

26 September 2022 · 2 min read · by Reyhan Apriathama

Jaringan Kabel Terowongan IKN

Punya predikat kota berkelanjutan, jaringan kabel Ibu Kota Negara akan menggunakan terowongan bawah tanah. Seperti apa? Cari tahu selengkapnya di sini!

Ibu Kota Negara Nusantara saat ini dalam tahap persiapan dan dicanangkan mulai pindah secara bertahap pada 2024 mendatang.

Pembangunan kota yang berada di Kalimantan ini bukan hanya berfokus pada infrastruktur, namun juga berwawasan lingkungan.

Salah satu dukungan infrastruktur berwawasan lingkungan adalah jalanan mobil listrik ramah lingkungan, hingga proses pembangunan sarana utilitas berbasis terowongan.

Dengan adanya saluran utilitas melalui terowongan, diharapkan kondisi utilitas kabel akan sangat baik tanpa ada bagian yang bergelantungan di wilayah IKN.

Seperti apa penerapan jaringan kabel terowongan bawah tanah di IKN? Simak pembahasannya bersama-sama!

Tidak Ada Kabel Bergelantungan, Jaringan Kabel Ibu Kota Negara pakai Terowongan Bawah Tanah 

Multi Utility Tunnel IKN

Untuk mengatasi masalah utilitas, Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara mempersiapkan pembangunan multi-utility tunnel atau MUT.

Penggunaan multi-utility tunnel atau MUT sebagai jaringan utilitas bertujuan untuk menampung semua jaringan pipa air, kabel listrik dan konektivitas di IKN.

Dengan pembangunan sistem bawah tanah, maka tidak ada lagi jaringan kabel yang terpasang di atas permukaan tanah.

Terkait pembangunan fasilitas jaringan kabel ini, Satgas Pelaksanaan Pembangunan IKN telah merencanakan beberapa desain terkait fasilitas MUT ini.

Sistem kerja MUT akan dilakukan apabila ada jaringan yang harus diperbaiki atau diganti, maka teknisi cukup masuk ke dalam bawah tanah untuk melakukan proses perbaikan.

Nantinya, infrastruktur ini juga dikendalikan dan diawasi oleh ruang kendali, sehingga deteksi kerusakan dan kebocoran dapat dilakukan sedini mungkin. 

Jaringan Utilitas Bawah Tanah Jadi Salah Satu Bagian Pembangunan Berkelanjutan IKN

Jaringan Kabel Ibu Kota Negara

Sumber: Tunnel-online.info

Pembangunan jaringan kabel dan sarana utilitas ini juga sudah sesuai Lampiran II UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

Terkait dengan Rencana Induk IKN yang menyatakan pembangunan dan pengembangan Kawasan Ibu Kota Negara atau IKN yang mengusung tiga konsep yakni kota hutan, spons, dan cerdas.

Proses dan prinsip dasar pembangunan juga didasarkan pada delapan prinsip pembangunan IKN yang mengedepankan alam, teknologi dan pembangunan berkelanjutan.

Konsep berkelanjutan diharapkan mampu menyeimbangkan ekologi alam, lingkungan terbangun dengan sistem sosial secara harmonis dari berbagai aspek.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pembangunan sarana utilitas kabel IKN dalam bentuk terowongan besar. 

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com dan informasi mengenai IKN pada link ini

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama  Summarecon Mutiara Makassar  selengkapnya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

 


Tag: ,


Reyhan Apriathama
Reyhan Apriathama

Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.