Tidak Semua Negara Memberikan Bonus Uang Kepada Para Peraih Medali Asian Games 2018 Jakarta-Palembang (Foto: Rumah123/South China Morning Post)

Saat sederetan atlet Indonesia dan Filipina bakal menjadi miliarder dadakan, lain cerita dengan olahragawan asal Jepang dan Korea Selatan. Mereka hanya bisa nyengir.

Para atlet Indonesia sudah dijanjikan bonus uang tunai Rp1,5 miliar, hadiah rumah, hingga kemudahan menjadi pegawai negeri sipil/polisi/tentara. Bahkan, ada yang mendapatkan hadiah rumah dari gubernur. Belum hadiah yang bakal diterima dari klub dan asosiasi olah raga yang bersangkutan.

Baca juga: Jonatan Christie Berencana Pajang Komentar Para Haters di Rumah

Pastinya para olahragawan ini mempunyai tempat tinggal serta uang tunai dalam jumlah cukup hingga menjadi miliarder. Pengecualian buat Michael Bambang Hartono ya.

Dia adalah salah satu pemegang saham Djarum, BCA, dan sederetan bisnis lainnya. Atlet bridge ini sudah tajir melintir dari sononya. Michael punya kekayaan hingga USD 16,7 miliar (Rp225 miliar) dan menjadi “horang kayah” nomor wahid selain adiknya sendiri, Robert Budi Hartono.

Baca juga: Usai Asian Games 2018, Pasutri Ini Bakal Dapatkan Rp3 Miliar dan 2 Rumah

Soal hadiah, Indonesia hanya beda tipis dengan Filipina. Negara tetangga ini menggelontorkan hadiah uang Rp1,6 miliar.

Hong Kong dan Malaysia juga bakal melakukan hal yang sama walaupun tidak sebesar Indonesia dan Filipina. Tapi, setidaknya para atlet masih dapat fulus dong.

Baca juga: Apa Sih Dampak Asian Games 2018 Buat Industri Properti?

Lain cerita dengan Jepang dan Korea Selatan. Situs Malaysia The Star melansir kalau Jepang tidak memberikan bonus apa pun kepada peraih medali emas.

Perenang putri Rikako Ikee sudah memborong delapan medali, enam medali emas dan dua medali perak. Kayaknya dia bakal jealous abis dengan atlet Indonesia. Kalau dia jadi atlet Indonesia sih, Ikee sudah jadi juragan properti karena sudah punya uang banyak.

Baca juga: Bos Alibaba Jack Ma Tampil dalam Penutupan Asian Games 2018

Korea Selatan juga tidak mengguyur para atletnya dengan hadiah uang. Tetapi, ada hadiah lain yang tidak kalah menarik.

Para peraih medali emas terutama pria akan memperoleh bonus khusus berupa pelatihan militer dasar selama empat pekan. Lho, di mana enaknya keles?

Bayangin aja mas bro, kalau setiap pria dewasa Korea Selatan harus mengikuti wajib militer selama dua tahun. Bandingkan dong empat minggu sama dua tahun. Kalau dua tahun sih udah jadi tentara beneran tuh.

Bagikan: 1132 kali