Salah-salah dalam beli apartemen, bisa-bisa kamu menyesal terus-terusan. Untuk itu, sebaiknya ketahui 7 hal ini terlebih dahulu!

beli apartemen - rumah123.com

Dalam membeli properti, segala sesuatunya harus dipertimbangkan dengan matang. Bukan cuma ketika membeli rumah, beli apartemen pun juga butuh ketelitian dan kejelian.

Sebab, salah-salah dalam memilih, bisa-bisa yang terjadi adalah penyesalan yang mendalam. Rugi waktu, tenaga, hingga finansial sangat mungkin terjadi ketika kamu salah memilih apartemen. Untuk itu, sebelum melanjutkan langkahmu, sebaiknya ketahui dulu tips berikut ini agar kamu tak salah dalam beli apartemen.

Pilih apartemen dengan bentuk persegi

Dengan memilih unit apartemen yang berbentuk persegi, kamu akan lebih mudah untuk memilih dan mengatur perabotan. Lain halnya jika kamu memilih apartemen berbentuk lingkaran, tentu akan sulit kan untuk menyesuaikan perabotan yang dibeli? Hal ini mungkin terkesan sepele, tapi mengingat mengisi apartemen bukan lah hal yang gampang, kamu bisa mengurangi satu beban dengan mengikuti tips ini.

Pilih apartemen yang memiliki sirkulasi udara lancar

Sirkulasi udara juga sangat penting untuk diperhatikan penghuni apartemen. Jika kamu menginginkan sirkulasi udara yang lebih baik, maka kamu bisa memilih untuk beli apartemen dengan lantai rendah. Sebab, unit di lantai bawah jauh dari sinar matahari, sehingga udara yang masuk cenderung lebih sejuk. Sedangkan apartemen yang lantainya lebih tinggi, udaranya otomatis akan lebih panas. hal ini juga lah yang membuat adanya perbedaan tagihan listrik. Karena sudah cukup sejuk, maka penghuni apartemen di lantai rendah bisa meminimalisir penggunaan AC. Sebaliknya karena panas, penghuni apartemen lantai tinggi justru butuh menyalakan AC terus-terusan.

Baca juga: Ini 7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Apartemen

Cek kembali material bangunan

Sebaiknya hindari membeli rumah tanpa melakukan survei terlebih dahulu. Cek langsung ke lapangan dan lihat kembali material bangunan yang digunakan. Caranya adalah dengan mengetuk-ngetuk dinding apartemen. Apabila dinding tersebut memang terasa kokoh dan tebal, artinya bahan material bangunan apartemen tersebut bagus. Tapi jika kamu merasa dinding tersebut kosong ketika diketuk, artinya proses pengecoran kurang mulus. Kamu bisa membatalkan niatmu untuk membeli apartemen tersebut. 

Cek kondisi air, listrik, hingga pemeliharaan apartemen

Saat membeli unit baru, baik itu air, maupun listrik terasa baik-baik saja. Tapi setelah dihuni beberapa bulan, mulai muncul beberapa masalah. Tentunya kamu tak mau kan mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaiki kedua hal ini? Maka dari itu, pastikan bahwa pengelolaan listrik dan air di sana cukup baik. Kamu bisa bertanya kepada calon tetanggamu untuk memastikan hal ini. Jangan lupa juga untuk bertanya soal biaya pemeliharaan apartemen. 

Baca juga: Apartemen Lantai Rendah Vs Lantai Tinggi, Sebaiknya Kamu Beli yang Ini

Cek kondisi balkon

Pikirkan juga keadaan balkon apartemen yang hendak dibeli. Apakah balkon tersebut cukup untuk dibuat menjemur pakaian? Jangan sampai saking penuhnya balkon, yang muncul malah kesan kumuh jika dilihat dari luar.

Cari apartemen dengan tempat parkir luas dan aman

Tak semua apartemen memberikan akses parkir yang tak terbatas. Banyak juga yang memiliki tempat parkir sangat kecil, sehingga sesama penghuni apartemen harus berebut lahan parkir. Apabila kamu punya kendaraan pribadi, sebaiknya pilih apartemen dengan lahan parkir yang luas, dan aman. 

Pilih developer apartemen yang tepercaya

Saat ini, banyak sekali terjadi developer menghentikan proses pembangunan di tengah jalan. Padahal calon penghuninya sudah membayar lunas unit yang dijual. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya pilih apartemen yang pengelolanya sudah tepercaya. 

Bagikan: 3109 kali