Anjing pitbull, jenis anjing yang tak bisa sembarangan dipelihara - Rumah123.com Anjing pitbull, jenis anjing yang tak bisa sembarangan dipelihara - Rumah123.com

Media sosial kembali dihebohkan dengan berita seorang bocah perempuan berusia 8 tahun di Medan, Sumatera Utara, yang menderita luka parah akibat digigit anjing pitbull. Bukan kali pertama, sejak lama sudah tercatat sejumlah kasus tentang pitbull yang menyerang manusia hingga terluka, bahkan menyebabkan kematian. Insiden yang mirip juga pernah menimpa seorang bocah asal Malang, Jawa Timur. Ketika hendak mengambil mainannya yang terjatuh di dekat kandang pitbull, ia tercakar dan tergigit di bagian leher hingga tewas. 

Usai terjadi peristiwa seperti ini, banyak yang menyarankan untuk tak memelihara anjing pitbull karena sifatnya yang ganas dan menakutkan. Faktanya, pitbull memang bukan peliharaan yang cocok untuk semua orang. Anjing yang masuk ke dalam jenis one man dog alias tunduk pada satu tuan ini membutuhkan pengawasan khusus dari sang pemilik. Maka dari itu, untuk kamu yang mau memelihara anjing pitbull, sebaiknya ketahui dulu 5 hal ini.

Anjing pitbull memiliki sifat agresif

Pitbull adalah salah satu anjing dengan karakter agresif. Bahkan menurut hasil tes yang dilakukan oleh American Temprament Test Society, pitbull memiliki tingkat temperamen sebesar 82 persen atau lebih tinggi dibandingkan kebanyakan anjing lainnya yang hanya mencapai 77 persen. Apabila kurang dilatih, ditelantarkan, dan kurang kasih sayang, tingkat agresivitas pitbull bisa meningkat. 

Pitbull punya daya cengkram dan gigitan yang sangat kuat 

Banyak yang menyebut bahwa anjing pitbull mempunyai rahang yang mengunci. Sebenarnya, anatomi rahang pitbull sama saja dengan anjing lainnya. Hanya saja, otot rahang mereka memang kuat. Ditambah lagi, pitbull memiliki naluri mengejar dan menaklukan mangsa. Ketika menghadapi objek yang dianggap musuh, pitbull cenderung menyerang dan menyebabkan cedera bagi korban.

Termasuk salah satu anjing dengan gigitan terkuat di dunia

Pitbull mampu mengoyak dan menghancurkan apapun yang dianggap mengancam. Konon pitbull memiliki kekuatan gigitan hingga 1.600 P.S.I dengan beberapa gigi tajamnya.

Karakter anjing pitbull dibentuk dari pola pengasuhan

Karakter dari anjing peliharaan, termasuk pitbull, sangat bergantung dengan pola asuh pemiliknya. Karakter setiap silsilah anjing memang bisa diprediksi sesuai keturunannya. Namun terkadang ada anomali karakter individu yang sangat dipengaruhi oleh pola pengasuhan saat anjing masih kecil hingga dewasa. Sebab, karakter yang dibentuk sedari kecil akan menjadi permanen. 

Persepsi anjing berbeda dengan persepsi manusia

Anjing memiliki persepsi yang berbeda dengan manusia. Tindakan yang dianggap ramah oleh kita, bisa dianggap tindakan yang mengancam mereka. Biasanya anjing merasa terancam jika manusia langsung berhadapan dengan mereka, menatap, menjangkau di depan atau di atas mereka, menyentuh bagian atas kepala, atau membayangi mereka. 

Walau terlihat menyeramkan, anjing pitbull memiliki sifat penyayang dan setia kepada tuannya

Kelima fakta di atas terdengar menyeramkan. Namun siapa sangka, di balik itu semua, pitbull adalah anjing yang gemar dengan anak-anak. Ditambah pitbull sangat setia kepada tuannya. 

Tapi penting untuk diingat, bahwa sangat penting untuk memastikan bahwa kamu punya cukup waktu mengajak jalan-jalan pitbull, dan memberi kasih sayang ekstra kepada mereka. Sediakan kandang yang besar agar mereka tidak stres.

Beri makanan bergizi secara tepat waktu, dan sediakan mainan supaya pitbull tidak bosan. Yang paling penting, 5 hal di atas wajib diperhatikan sebelum kamu memilih pitbull untuk dijadikan hewan peliharaan.

Bagikan:
4007 kali