Hampir setiap orang pasti punya mimpi untuk bisa beli rumah sendiri. Namun tentu saja, impian satu ini tak mudah untuk diwujudkan.

beli rumah - rumah123.com Jika masih memiliki kebiasaan ini, impian untuk beli rumah akan sulit terwujud (Rumah123.com/Getty Images)

Rumah adalah barang mewah yang tak bisa dibeli oleh siapa saja. Butuh usaha lebih untuk bisa memilikinya. Sayangnya, walaupun banyak orang yang menginginkan untuk beli rumah sendiri, tak sedikit yang setengah-setengah dalam mewujudkannya.

Kebiasaan-kebiasaan boros masih dilakukan, tabungan DP rumah pun tak pernah dimulai. Kalau sudah begini, rasanya mimpi punya rumah sendiri hanya sekadar angan. 

Kebiasaan-kebiasaan apa saja sih yang berpotensi mengubur mimpimu tersebut? Sebelum tercebur ke dalam 4 kebiasaan ini, sebaiknya ketahui sedari dini. 

Mengedepankan gengsi ketimbang kebutuhan

Siapa di sini yang gemar beli tas, sepatu, atau jam tangan bermerek? Jika barang tersebut benar-benar rutin digunakan, tak jadi masalah. Tapi jika hanya berakhir jadi pajangan di lemari, artinya kamu tak benar-benar membutuhkannya. Apabila kebiasaan ini terus kamu jalani, uang yang dimiliki tak akan jadi investasi, melainkan hanya termakan gengsi. Hayo, pilih punya barang bermerek satu lemari, atau punya rumah sendiri?

Masih gemar traveling tanpa menghitung bujet

Memang sih, traveling terbukti bisa menghilangkan penat dan punya banyak manfaat. Tapi bukan berarti kegiatan tersebut dilakukan tanpa perhitungan matang. Nyatanya, masih banyak orang yang memilih untuk investasi pada pengalaman traveling ketimbang investasi pada barang yang konkret bentuknya. Ini kembali lagi ke masalah prinsip. Tak masalah untuk jalani prinsip ini jika kamu mau hidup nomaden seterusnya. Tapi jika kamu merasa memerlukan hunian di masa depan, kebiasaan ini harus segera dihilangkan. 

Sering tergiur dengan promo dan diskon

“Kapan lagi”, mumpung lagi diskon”, begitu katamu tiap melihat promo dan diskon di toko offline maupun online. Akhirnya, kamu pun membeli barang tersebut, padahal tak membutuhkannya. Belum lagi para pelaku bisnis hampir selalu membuat promo momentum tiap bulannya. Kalau kamu gak bisa ngerem kebiasaan ini, siap-siap mengalami kantong jebol selamanya. 

Rutin nongkrong karena takut dijauhi teman

Gak ada salahnya kok bersosialisasi dan ngumpul bersama teman-teman. Asal, dilakukannya tak setiap hari. Banyak orang yang takut menghilang dari lingkaran pertemanan dan terpaksa mengorbankan waktu, tenaga, dan uang mereka. Kalau nongkrongnya di rumah dan melakukan hal berkualitas sih gak masalah. Tapi gimana kalau nongkrongnya di tempat mahal, dan perbincangannya pun tak menghasilkan apa-apa? Kalau kamu memang mau segera mewujudkan keinginan untuk punya rumah, dijamin tak akan berhasil jika masih punya kebiasaan ini.  

Doyan gonta-ganti HP baru

Saat ini, gadget yang dimiliki seakan sudah jadi salah satu tolok ukur kesuksesan seseorang. Semakin terkenal mereknya, semakin baru tipenya, semakin bagus fiturnya, pemilik HP tersebut dinilai kaya. Gak heran, banyak orang yang rela mengeluarkan bujet belasan juta, bahkan sampai rela mengutang, untuk gonta-ganti HP tiap merek terkenal mengeluarkan tipe terbarunya. Wah, kalau terus-terusan begini sih uangmu hanya habis untuk mengikuti tren. 

Nah, sekarang kamu tau kan kebiasaan apa saja yang selama ini menghambat mimpimu untuk punya rumah sendiri? Jadi, kamu pilih mana? Terus melakukannya, atau menghentikannya dan mulai usaha untuk bisa beli rumah pertama?

Bagikan: 2060 kali