Ilustrasi Perhiasan (Rumah123/Realestate.com.au)

Tidak terasa kalau sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri. Lebaran menjadi ajang silaturahmi. Jutaan orang akan mudik terutama dari Jakarta ke berbagai tempat di pelosok Indonesia.

Bagi kamu yang rutin melakukan ritual mudik untuk bertemu orang tua atau mertua, banyak persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya perihal persiapan di rumah.

Baca juga: Ingat Ya, Selalu Waspada Terhadap Aksi Kejahatan di Rumah (Bagian 1)

Hal biasa kalau orang memiliki harta benda di rumah. Saat kamu sekeluarga mudik, rumah dalam keadaan kosong lantaran ART biasanya juga mudik.

Begitu juga dengan sederetan tetangga kamu. Ada yang mudik, ada juga yang liburan. Praktis rumah kamu dan sekitarnya akan kosong karena ditinggal pergi.

Baca juga:  Pernah Kemalingan, Kendall Jenner Jual Rumahnya

Maling atau pencuri bisa memanfaatkan hal ini. Walaupun kamu tinggal di kompleks perumahan, kadang maling cukup cerdik untuk mengelabui petugas keamanan dan masuk ke dalam rumah.

Supaya kamu terhindar dari aksi pencurian, kamu bisa melakukan pencegahan dengan menyimpan barang penting seperti dokumen, surat berharga, emas, uang tunai, dan lainnya dalam safe deposit box di bank.

Baca juga:  Apartemen Pelatih PSG Kemalingan, Kostum Neymar Ikutan Dicuri!

Dokumen seperti paspor, buku nikah, akta kelahiran, ijazah, dan surat berharga lainnya perlu disimpan. Kalau hilang digondol maling, pernah membayangkan betapa ribetnya mengurus ulang kalau hilang?

Benda lainnya yang perlu disimpan dengan baik adalah laptop. Yakin deh kalau laptop kamu berisi pekerjaan, proyek, atau bisnis kamu. Laptop ini bisa disimpan di safe deposit box atau mungkin saja kamu bawa mudik.

Baca juga:  Ini yang Dilakukan oleh Mo Salah Saat Rumahnya Kemalingan

Sementara bagaimana barang lainnya? Tentunya kamu tidak mungkin membawa barang yang besar seperti motor, mobil, sepeda, stik golf, raket tenis, drone, televisi, radio, lukisan, dan lainnya.

Jika ada barang yang dapat disimpan, kamu bisa menaruhnya di bawah tempat tidur atau lemari. Ingat jangan menaruh di ruang tidur atau ruang kerja kamu ya, biasanya maling sudah tahu kebiasaan menyimpan barang calon korbannya.

Bagikan: 251 kali