Taman Bermain Anak yang Didesain Oleh Arsitek Phineas Harper (Foto: Rumah123/Dezeen)

Main melulu! Buat kamu yang sudah menjadi mom and dad pasti pernah melontarkan hal ini kepada putra putri kamu. Ayo, ngaku aja. Padahal, bermain itu penting buat anak-anak lho.

American Academy of Pediatrics merilis laporan penelitian terbaru bertajuk The Power of Play. Hasilnya membuktikan jelas kalau bermain merupakan kunci penting dalam tumbuh kembang anak.

Bermain bisa mengembangkan kemampuan dan juga hubungan sesama manusia. Nah, siapa bilang bermain nggak ada manfaatnya?

Baca juga: Wah, Ini Nih Tempat Bermain yang Asyik untuk Anak-Anak

Coba deh lihat saat putra putri kamu bermain, mereka akan berlari, melompat, dan lainnya. Hal ini bisa melatih gerakan motorik mereka. Begitu juga mereka belajar berinteraksi dengan orang lain dengan mengobrol, mengatur permainan, dan lainnya.

Anak bermain itu tidak hanya bersama teman-temannya, tetapi juga bersama orang tua. Buat mom and dad, jangan lupa untuk meluangkan waktu bermain bersama putra putri ya. Ingat peraturan 1820 alias pukul 18.00 hingga 20.00, coba untuk bermain atau ngobrol bersama anak dan jangan menghabiskan waktu bermain gadget.

Para penulis riset ini menyatakan laporan ini diperlukan. Apalagi jumlah bermain anak terus menurun dalam dua puluh tahun terakhir.

Baca juga: Yuk, Bikin Area Bermain Anak dengan Memasang Jaring Suspensi

Jika dibandingkan dengan anak-anak berusia 11 tahun era 1980-an, jumlah waktu bermain anak-anak era 2010-an kurang dari 12 jam dalam satu pekan. Selain itu, hanya 30 persen anak sekolah yang menghabiskan waktu istirahatnya di luar ruangan.

Dalam 10 tahun terakhir, para peneliti menemukan banyak bukti yang menunjukkan kalau waktu bermain itu penting. Tetapi, para pakar juga takut kalau anak-anak tidak mendapatkan banyak waktu bermain.

Hal ini terjadi karena orang tua dan juga sekolah mengisi waktu anak-anak dengan hal lain. Biasanya sih, kegiatan dalam ruangan alias indoor.

Baca juga: Tempat Bermain Anak yang Asyik dan Bisa Bikin Happy, Main Ke Sini Yuk!

Buat kamu mom and dad, jangan larang putra putri kamu bermain ya. Putra putri kamu akan belajar banyak hal. Jadi biarkan mereka bermain dan jangan lupa untuk ikut ya.

Bagikan: 685 kali