Pastikan rumah benar-benar bersih setelah memeriksa kembali 7 titik ini - Rumah123.com Pastikan rumah benar-benar bersih setelah memeriksa kembali 7 titik ini - Rumah123.com

Seberapa bersihkah hunianmu? Kamu menyapu, mengepel, dan  mengelap setiap sudut dengan baik. Jika dipandang secara kasat mata, mungkin tak ada sisa kotoran yang terlihat. Tapi, apakah kamu yakin hunianmu sudah benar-benar bersih atau masuk ke dalam kategori rumah bersih?

Ada sejumlah bagian yang kadang tak kamu sadari terlewatkan untuk dibersihkan. Apabila kamu mengecek kembali dengan benar-benar teliti, baru lah terlihat bahwa ada kotoran menumpuk di sisi tersebut. Bagimu mungkin ini tampak sepele.

Tapi siapa yang tahu bahwa kotoran yang selama ini tersembunyi itu ternyata bisa jadi sumber penyakit yang menyerang anggota keluarga? Untuk itu, sebaiknya jangan dulu mengira rumah-mu sudah cukup bersih sebelum mengecek 11 titik ini!

Bingkai foto, jam dinding, dan cermin

Usap ujung jarimu di atas bingkai foto, jam dinding, dan cermin. Jika ada debu yang menempel, kemungkinan kamu juga lupa untuk membersihkan barang-barang lain yang posisinya tinggi. Beri catatan supaya kamu tak lupa dengan hal ini di masa yang akan datang.

Railing tangga

Apakah tanganmu terasa lengket ketika menyentuh railing tangga? Hati-hati, kemungkinan terjadi penumpukan kuman di sana! Railing tangga kerap kali disentuh setiap kamu berjalan dari lantai atas ke lantai bawah dan sebaliknya. Untuk itu, bersihkan secara teratur setiap minggu untuk menjaganya dari kotoran yang memicu timbulnya penyakit.

Wastafel & shower

Wastafel dan shower kamar mandi di rumahmu mungkin terlihat bersih, tetapi supaya lebih yakin, coba uji kebersihan dengan menggunakan tanganmu. Usap tanganmu ke sekitar kepala shower dan wastafel. Apabila terasa kasar, artinya ada banyak kotoran yang menumpuk di sana. Bersihkan dengan menggunakan bagian kasar dari spons cuci piring, gosok di area yang kasar hingga menjadi halus. 

Bohlam lampu

Sama seperti bingkai foto, jam dinding, dan cermin, bohlam lampu merupakan area yang sering diabaikan ketika kamu membersihkan rumah. Hanya karena posisi mereka di atas, bukan berarti debu tak bisa menempel. Untuk itu, bersihkan secara rutin. Matikan lampu terlebih dahulu sampai panas menghilang, dan gosokkan kain di area bohlam. 

Saklar, tombol kompor & oven, remote TV

Keempat hal di atas memang kerap kali terlupakan karena ukurannya yang kecil. Namun, sadarkah kamu bahwa hampir setiap saat benda-benda tersebut disentuh oleh tangan yang kotor? Apabila terasa lengket, artinya kamu tak cukup sering membersihkannya. Maka dari itu, penting juga untuk membersihkannya secara rutin. 

Kitchen set

Dapurmu mungkin terlihat cukup bersih. Tapi coba deh lihat lebih dekat. Ada sejumlah makanan yang berhamburan ke lemari atau kitchen set. Bersihkan segera sebelum noda tersebut bertahan selamanya. 

Tempat sampah

Tempat sampah bisa menjadi tempat yang sangat menjijikkan. Gak heran banyak orang yang sering mengabaikannya dan membiarkan kotoran pada tong sampah menumpuk. Apakah kamu salah satunya? Bukan hanya mengganggu pemandangan, tong sampah yang kotor sangat tidak higienis, dan mengandung banyak kuman yang bisa menyebarkan banyak penyakit. Bersihkan seluruh permukaan tempat sampah selama seminggu sekali.

Bagikan: 808 kali