OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Jalanan Mobil Listrik di IKN Bisa Ngecas Langsung, Canggih Banget!

14 September 2022 · 3 min read Author: Reyhan Apriathama

Jalanan Mobil Listrik IKN

Jalanan mobil listrik di IKN akan sangat inovatif dengan fitur pengisian daya. Seperti apa? Cari tahu selengkapnya di sini!

Ibu Kota Negara tak hanya mengedepankan aspek ramah lingkungan saja, namun juga berwawasan cerdas dan berkelanjutan.

Bukan rahasia umum jika nantinya akan banyak sarana mobilitas super canggih di IKN.

Sarana mobilitas seperti kendaraan autopilot hingga terowongan bawah laut yang ramah lingkungan jadi bagian penting. 

Oleh sebab itu, hanya akan ada kendaraan listrik yang ramah lingkungan untuk melintasi wilayah IKN Nusantara sehingga aspek infrastruktur canggih perlu diperhatikan dengan baik.

Bukan hanya memperbanyak stasiun pengisian daya, cara lainnya adalah penerapan jalanan mobil listrik yang bisa mengisi daya kendaraan.

Nantinya, jalanan di Ibu Kota Negara Nusantara akan dilengkapi oleh jalanan yang bisa mengisi daya listrik kendaraan dengan sistem electric charging lane.

Punya sistem yang menarik, seperti apa cara kerja jalanan mobil listrik IKN? Simak pembahasannya bersama-sama!

Mengenal Electric Charging Lane, Jalanan Mobil Listrik di IKN yang Canggih Banget!

Electric Charging Lane

Sumber: innovationatwork.ieee.org

Electric charging lane adalah jalur yang bisa mengisi ulang daya kendaraan secara nirkabel, apabila melintasi jalur ini maka baterai listrik akan terisi otomatis.

Cara kerja jalanan mobil listrik ini menyerupai pengisian ponsel nirkabel (wireless charging).

Untuk menikmati fungsi electric charging lane, mobil listrik harus memiliki receiver atau penerima nirkabel di bagian bawah mobil.

Penempatan bagian bawah mobil harus bertepatan dengan kumparan muatan yang diposisikan di bawah permukaan jalan kemudian ditransfer ke kendaraan.

Teknologi ini sudah diterapkan di Swedia dengan transfer daya nirkabel memungkinkan listrik mengalir dari kumparan tembaga sepanjang 1,5 meter di bawah aspal.

Pengisian tersebut akan diteruskan ke bawah bus listrik yang telah dilengkapi oleh receiver di bawahnya. 

Sistem ini bekerja melalui bantalan bawah yang mentransmisikan listrik secara nirkabel ke receiver yang dipasang di bawah kendaraan, sehingga kamu tidak perlu takut akan kehabisan daya listrik saat berkendara. 

Jalanan mobil listrik Ibu Kota Negara

Sumber: Inews.co.uk

Penggunaan teknologi jalanan mobil listrik IKN yang bisa langsung mengisi daya akan sangat berguna, untuk aktivitas masyarakat setempat dengan mobilitas tinggi.

Teknologi ini akan sangat cocok di IKN Nusantara yang dilengkapi oleh berbagai kendaraan ramah lingkungan, khususnya mobil listrik.

Itulah beberapa hal menarik mengenai pengisian mobil listrik di IKN berbasis pengisian daya nirkabel yang sangat cepat dan praktis.

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com  dan link berikut ini untuk informasi lengkap mengenai IKN

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama  Summarecon Mutiara Makassar  selengkapnya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: ,


Reyhan Apriathama
Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA