Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Bakauheni-Terbanggi Besar Akan Dioperasikan Secara Gratis Selama Satu Bulan. Belum Ada Penetapan Tarif dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Foto: Rumah123/Kompas.com/Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)

Jalan tol terpanjang di Indonesia, Bakauheni-Terbanggi Besar sudah resmi beroperasi. Jalan tol ini dibuka gratis untuk sementara waktu sampai menunggu keputusan penetapan tarif dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jalan tol ini sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (08/03/2019) lalu. Jalan yang berada di Lampung ini merupakan bagian dari Trans-Sumatera.

Bakauheni-Terbanggi Besar menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia dengan panjang 140,7 kilometer. Jalan ini mengalahkan tol Cikopo-Palimanan atau Cipali.

Baca juga: Empat Jalan Tol Dibuka Pada Akhir 2018, Enak Nih Kalau Liburan Akhir Tahun

Tol Cipali yang berada di Jawa Barat ini hanya memiliki panjang 116,75 kilometer. Jalan tol ini merupakan bagian dari Trans-Jawa.

Kompas.com mengutip pernyataan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyatakan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini akan dibuka gratis antara dua minggu sampai satu bulan.

Basuki melanjutkan bahwa dibukanya jalan tol secara gratis bertujuan untuk mengenalkan dan juga membiasakan keberadaan jalan bebas hambatan kepada masyarakat.

Baca juga: Jalan Tol Sragen-Ngawi Diresmikan, Jarak Tempuh Hanya Perlu 1 Jam

Jalan tol ini bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat khususnya dalam memotong waktu tempuh perjalanan. Menurut dia, waktu tempuh jalan tol kurang dari satu jam.

Dia membayangkan kalau jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini sudah terhubung dengan Palembang, Sumatera Selatan. Ruas tol ini memiliki panjang hingga 222,7 kilometer. Pemerintah mempercepat pengerjaan jalan tol ini hingga Palembang.

Nah, kalau kamu punya waktu luang, silahkan aja mencoba jalan tol terpanjang di Indonesia. By the way, kalau kamu mudik ke Sumatera, jangan lupa untuk mencoba jalan tol ini ya.

Baca juga: Bakauheni-Terbanggi Besar Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Sudah Tahu Belum

Bagikan: 1902 kali