Dengan Beroperasinya Jalan Tol Solo-Ngawi oleh Presiden Joko Widodo Pada Rabu (28/11/2018), Jarak Tempuh Solo-Ngawi Hanya Perlu Satu Jam (Foto: Rumah123/Kompas.com)

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi ruas Sragen Ngawi pada Rabu (28/11/2018). Beroperasinya ruas ini menjadikan jarak tempuh Solo-Ngawi bisa dicapai dengan satu jam.

Secara keseluruhan, ruas jalan ini mempunyai panjang 90,43 kilometer. Jalan ini terdiri dari tiga tahapan pengoperasian yaitu Seksi 1 Ngawi-Klitik, Seksi 2 Solo-Sragen, dan Seksi 3 Sragen-Ngawi.

Seksi 1 Ngawi-Klitik sepanjang 4 kilometer sudah beroperasi sejak 30 Maret 2018. Seksi 2 Solo-Sragen sepanjang 35 kilometer telah beroperasi sejak 17 Juli 2018.

Baca juga: Sering Macet Panjang, Pembangunan LRT dan Kereta Cepat Disetop Sementara

Terakhir, Seksi 3 Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer yang beroperasi pada 28 November 2018. Jalan Tol Solo-Ngawi ini menghubungkan beberapa daerah sekaligus yaitu Boyolali, Surakarta, Karangayar, dan Sragen di Jawa Tengah serta Ngawi yang berada di Jawa Timur.

Pengelola ruas jalan ini, PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), masyarakat bisa menggunakan jalan tol ini secara gratis. Pembebasan tarif ini dimulai sejak Rabu (28/11/2018) pukul 21.00 WIB. Pemberlakuan tarif Rp0 ini dilakukan selama satu pekan sebagai bentuk sosialiasi tarif dan golongan kendaraan.

Jalan Tol ini memiliki delapan gerbang tol (GT). Delapan gerbang ini adalah GT Colomandu. GT Bandara Adi Sumarmo, GT Ngemplak, GT Purwodadi, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur, dan GT Ngawi.

Baca juga:  Konstruksi Infrastruktur Tidak Bisa Berbarengan, Efeknya Tol Cikampek Sering Macet

Keberadaan Jalan Tol ini bakal memangkas waktu tempuh Solo-Ngawi. Kompas.com melansir Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani menyatakan bahwa jalan tol ini bisa mempersingkat waktu tempuh dari Solo menuju Ngawi dari dua jam menjadi hanya satu jam.

Sebenarnya, Jalan Tol Solo-Ngawi ini telah dioperasikan secara fungsional selama arus mudik dan arus balik pada Lebaran 2018. Jalan ini berperan penting dalam membantu kelancaran arus lalu lintas.

Nah, buat kamu yang mau liburan akhir tahun dan ingin berwisata ke sekitar Solo-Ngawi, cobain deh, beneran nggak tuh kalau jaraknya bisa ditempuh dalam waktu satu jam?

Baca juga:  Asyik, Jakarta-Surabaya Cuman Perlu Waktu 10-12 Jam

Bagikan: 773 kali