Ilustrasi Jalan Tol, Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1 Hingga 3 Telah Beroperasi, Operator Jalan Tol Menyatakan Jalan Ini Dapat Digunakan Ketika Mudik Lebaran 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 siapa beroperasi pada Mei 2019. Sementara ruas 4-5 masih dalam tahap penyelesaian konstruksi. Buat kamu yang mudik ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mencobanya.

Seperti dikutip dari Kompas.com, ruas jalan ini memiliki panjang 30 kilometer. Operator jalan tol, Jasamarga Pandaan Malang sedang melakukan proses untuk mendapatkan sertifikat laik operasi.

Tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah meninjau ke jalan tol ini untuk memastikan standar pelayanan minimal (SPM) Seksi 1 sampai 3.

Baca juga: Jangan Lupa Siapkan Rp112.500 Untuk Bayar Tarif Tol Terpanjang di Indonesia

Jalan ini menghubungkan Pandaan, Kabupaten Pasuruan dengan kota Malang. Jalan tol ini melewati Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan juga kota Malang.

Ruas jalan tol ini terhubung dengan Jalan Tol Gempol-Pandaan pada bagian utara. Sementara pada bagian selatan, akan terhubung dengan rencana jalan tol Malang-Kepanjen.

Jalan Tol Pandaan-Malang terdiri dari lima seksi. Seksi 1 menghubungkan Pandaan hingga Purwodadi. Seksi 2 menghubungkan Purwodadi hingga Lawang.

Baca juga: Bakauheni-Terbanggi Besar Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Sudah Tahu Belum

Seksi 3 menghubungkan Lawang sampai ke Singosari. Lantas Seksi 4 menghubungkan Singosari hingga Pakis. Terakhir, Seksi 5 menghubungkan Pakis sampai Malang.

Jasa Marga berencana untuk mengoperasikan jalan tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 ini pada mudik Idul Fitri 2019. Selain itu, ada rencana pengoperasian dua seksi terakhir pada waktu yang sama. Kebetulan, proses pengerjaan sudah memasuki 80 persen.

Keberadaan ruas tol ini bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya ke Malang, keduanya merupakan kota terbesar di Jawa Timur. Selama ini, kalau ingin menempuh perjalanan antara kedua kota pada jam padat bisa memakan waktu empat sampai enam jam. Waktu tempuh nantinya dapat dipangkas menjadi kurang dari satu jam.

Baca juga: Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Masih Gratis Lho, Mau Lewat Sini Ga

Jalan tol ini bisa menopang akses ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Bromo Tengger Semeru. Tidak hanya itu, jalan ini memiliki pemandangan indah di sisi kanan dan di kiri. Bahkan, rest area berhadapan langsung dengan Gunung Arjuna pada sisi barat dan Gunung Semeru pada sisi timur.

Nah, buat yang mudik ke arah Jawa Timur, coba dong melewati jalan ini. Sesekali traveling juga ke Bromo, Tengger, Semeru. Ga usah traveling ke luar negeri, Indonesia itu indah banget lho.

Bagikan: 2061 kali