Ilustrasi Jalan Tol. Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur Masih Belum Berbayar Atau Gratis Selama Mudik Lebaran dan Balik Lebaran 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 dioperasikan secara gratis alias belum berbayar selama mudik dan balik Lebaran 2019. Bagi kamu yang berencana mudik lebaran ke Jawa Timur pada Idul Fitri 1440 Hijriah ini, jangan lupa untuk melewati jalan tol ini untuk mempercepat waktu tempuh perjalanan.

Presiden Joko Widodo sudah meresmikan jalan tol ini pada Senin (13/05/2019). Presiden didampingi oleh Menteri PUPR dan juga Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Situs Kompas.com mengutip pernyataan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyatakan hal tersebut. Jalan tol ini belum bertarif dan masih dirumuskan.

Baca juga: Bakauheni-Terbanggi Besar Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Sudah Tahu Belum

Namun, untuk operasionalisasi jalan tol sudah ada keputusan. Jalan tol ini pun sudah dapat digunakan oleh masyarakat.

Belum adanya penerapan tarif dilakukan untuk menunjang kelancaran arus kendaraan masyarakat yang ingin menuju ke kampung halaman di wilayah Malang dan sekitarnya.

Selain itu, jalan tol ini juga untuk mendukung arus kendaraan ke sejumlah tempat wisata di Malang dan sekitarnya. Ada sejumlah destinasi wisata di Malang seperti Taman Safari Prigen, kebun teh Wonosari, Candi Singosari, dan juga kawasan wisata Batu.

Baca juga: Sistem Mana Yang Dipakai di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran: Ganjil Genap Atau One Way?

Jalan tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 memang sudah diresmikan. Tetapi, seksi 4-5 dari Singosari-Malang masih dalam tahap penyelesaian.

Seksi 4, Singosari-Pakis direncanakan selesai pada Agustus 2019. Sementara proyek seksi 4-5 diproyeksikan selesai pada November 2019.

Bagi kamu yang berencana mudik ke Jawa Timur, jangan lupa untuk memanfaatkan jalan tol Pandaan-Malang ini. Kamu bisa menghemat waktu perjalanan.

Baca juga: Ada 71 Rest Area Sepanjang  Jalan Tol Trans Jawa, Mudik Lebaran Pun Bisa Lebih Tenang

Sementara bagi kamu yang ingin berlibur ke Jawa Timur, ada sejumlah obyek wisata di Malang. Kota ini memang menjadi destinasi wisata masyarakat Jawa Timur.

By the way, sebelum menggunakan jalan tol Trans Jawa untuk mudik lebaran, jangan lupa untuk mengisi kartu e-toll atau kartu tol elektronik. Jangan khawatir juga ada sejumlah tempat pengisian kartu e-toll di rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan.

Selama bulan Ramadan 2019, situs properti Rumah123.com menyajikan sejumlah artikel terkait puasa dan mudik lebaran.

Baca juga: Mau Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol Trans Jawa? Ini Dia Tarifnya

Bagikan: 1086 kali