OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Siap-siap Ruas Jalan Tol Becakayu Segera Beroperasi Penuh, Bekasi-Kampung Melayu Hanya 30 Menit!

19 September 2022 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

tol becakayu

Jalan Tol Becakayu yang menghubungkan wilayah Bekasi dan Jakarta akan beroperasi sebentar lagi. Simak informasi selengkapnya di sini, yuk!

Sejumlah pembangunan infrastruktur telah rampung pada tahun ini, salah satunya adalah ruas Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan bahwa sudah ada beberapa ruas jalan yang telah siap untuk beroperasi.

Kepala BPJT, Danang Parikesit mengungkapkan bahwa ruas Jalan Tol Becakayu dibangun guna menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan yang kerap terjadi. 

“Jalan Tol Becakayu menjadi salah satu solusi dalam mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang terjadi di Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta Cikampek karena sering terjadi penumpukan volume kendaraan di Gerbang Tol Halim,” ungkap Danang, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Tiga Ruas Jalan Tol Becakayu yang Sudah Siap Beroperasi

jalan tol becakayu

Sumber: Bisnis.com

Melansir laman resmi BPJT, setidaknya ada tiga ruas Jalan Tol Becakayu yang akan beroperasi.

Adapun tiga ruas tol tersebut di antaranya adalah On Ramp Prumpung, On Ramps Casablanca (Looping Pasar Gembrong), serta konseksi sisi Timur Jalan Tol Wiyoto Wiyono menuju Tol Becakayu.

Berdasarkan penjelasan Danang, ketiga ruas tol tersebut telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada Juli 2022 lalu. 

Hal tersebut pun menjadi tanda bahwa ruas jalan tol ini akan segera beroperasi dalam waktu dekat. 

Jalan Tol Bekasi-Kampung Melayu Dibangun dengan Kontruksi Layang

jalan tol bekasi

Sumber: Bekasipedia.com

Sebagai informasi, Jalan Tol yang menghubungna Bekasi-Kampung Melayu ini dibangun dengan menggunakan kontruksi layang atau elevated.

Jalan tol yang sudah dinantikan oleh banyak masyarakat ini pun membentang dari wilayah Bekasi sampai Kampung Melayu dengan panjang mencapai 16,02 kilometer. 

Terdapat dua seksi pada jalan tol ini, pertama yakni Seksi 1 Kasablanka-Jaka Sampurna sepanjang 11,9 kilometer yang sudah beroperasi.

Kemudian, Seksi 2A Jakasampurna-Kayuringin dengan panjang 4,12 kilometer, serta Seksi 2a-Ujung Kayuringin-Margajaya, yang keseluruhan progresnya telah mencapai 100 persen.

Meski begitu, ruas tol tersebut ditargetkan siap beroperasi menjelang akhir tahun ini. 

Selain mengurangi kemacetan, pembangunan Jalan Tol Becakayu juga dimaksudkan untuk membuat lalu lintas kendaraan logistik.

Terutama bagi kendaraan yang menuju Kawasan Bekasi, Karawang, dan Cibitung agar semakin lancar.

Sebelum pembangunan Jalan Tol Becakayu, untuk menuju Jakarta dari Bekasi bisa memakan waktu hingga 2 jam lamanya. 

Akan tetapi, pemerintah menargetkan kehadiran tol tersebut bisa mempersingkat waktu tempuh Bekasi menuju Kampung Melayu dari sekitar 2 jam menjadi 30 menit saja. 

Selain itu, volume kendaraan pun diharapkan akan berkurang dengan kehadiran jalan Tol ini. Utamanya, bagi kendaraan yang sebelumnya melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Itulah informasi mengenai Jalan Tol Becak Kayu yang sebentar lagi akan beroperasi. Bagaimana, nih, pendapatmu tentang jalan tol ini?

Baca juga ulasan artikel gaya hidup, kabar properti hingga inspirasi desain, hanya di artikel.rumah123.com.

Bila kamu ingin cari rumah impian, yuk temukan beragam rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com, karena kami #AdaBuatKamu.

Rekomendasi terbaik untuk memiliki rumah mewah di kawasan Tangerang, Banten, pastinya The Zora.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA