Jalan Kaki Bisa Mengurangi Risiko Jantung Pada Wanita (Foto: Rumah123/Best Health Magazine)

Berjalan kaki selama 20 menit bagi wanita bisa memangkas risiko terkena kegagalan jantung hingga 25%. Untuk pertama kalinya ada riset yang mengungkapkan hal tersebut.

Catatan sejumlah riset memang menunjukkan kalau berolahraga berdampak pada risiko serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Tetapi, tidak ada yang membidik kegagalan jantung, apalagi yang terkait dengan wanita.

Riset ini melibatkan 137.000 wanita berusia 50 hingga 79 tahun di Amerika Serikat. Hasilnya memang menunjukkan kalau berjalan bisa menurunkan risiko kegagalan jantung pada wanita tua hingga 25%.

Baca juga: Gak Sehat Kebanyakan Kerja di Kantor, Ya Kerja di Rumah Aja!

Hasil riset juga memang mengungkapkan kalau berjalan memang menurunkan risiko dari dua hal terkait gagal jantung, satu terkait serangan jantung dan satunya lagi terkait tekanan darah tinggi serta diabetes.

Para peneliti menyatakan kalau hasil riset menyarangkan kalau jumlah, bukan intensitas dari aktivitas fisik memang berpengaruh. Salah satu metode paling efektif adalah berjalan kaki.

“Ini merupakan laporan pertama untuk mengisahkan tingkat aktivitas fisik terkait dengan menurunnya risiko dari kegagalan jantung pada orang dewasa khususnya pada wanita,” ujar Dr. Michael LaMonte kepada Daily Mail.

Baca juga:  Tidur Kurang dari 8 Jam Bikin Anak Jadi Gemuk

LaMonte merupakan associate professor dalam bidang epidemiologi di University at Buffalo School of Public Health and Health Professions. Epidemiologi merupakan ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta faktor yang terkait dengan populasi.

Gagal jantung sering kali terjadi pada orang tua. Sekitar empat dari lima orang berusia 65 tahun atau lebih adalah kelompok orang yang berisiko terkena gagal jantung sehingga harus dirawat.

Kalau hanya perlu berjalan kaki selama 20 menit bisa mengurangi risiko gagal jantung sebesar 25% pada wanita, ini sih solusi yang mudah ya. Jalan kaki tuh olahraga murah meriah lho.

Baca juga:  Tinggal di Rumah yang Dingin Bikin Kamu Darah Tinggi

Kamu hanya perlu pakai sepatu olahraga dan keliling kompleks perumahan untuk berjalan kaki. Hal ini bisa dilakukan sebelum berangkat ke kantor lho. Susahnya di mana? Yuk, mulai hidup sehat dari rumah.

Bagikan: 956 kali