Pemerintah Kota Fukuoka Melakukan Perbaikan Jalan Ambles Selama Satu Pekan (Foto: Rumah123/ABC.net,au)

Jalan ambles tidak hanya terjadi di Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Insiden serupa pernah terjadi Fukuoka, Jepang. Pemerintah sempat langsung memperbaiki dalam tempo satu pekan.

Pada November 2106, sebuah jalan raya mengalami ambles dengan ukuran masif. Ukurannya mencapai separuh dari kolam renang ukuran Olimpiade.

Jalan ini merupakan salah satu jalan utama di Fukuoka, ibu kota provinsi Fukuoka. Jalan ini memiliki lima lajur. Fukuoka merupakan kota keenam terbesar di Jepang dengan jumlah penduduk mencapai 2,5 juta jiwa.

Baca juga: Perbaikan Jalan Gubeng Bakal Dipercepat

Amblesnya jalan tidak hanya membuat transportasi terputus. Tetapi, juga pembangunan subway atau kereta bawah tanah terhenti.

Selain itu, aliran listrik, air, dan gas juga terputus pada sebagian kota. Listrik, air, dan gas di Jepang memang dialirkan via saluran bawah tanah.

Upaya normalisasi juga tidak mudah untuk dilakukan. Sejumlah tanah dan lumpur juga ambles ke dalam tanah.

Baca juga: Waduh, Jalan Gubeng di Surabaya Ambles Sedalam Lebih dari 15 Meter

Namun, pemerintah kota Fukuoka lewat wali kota Soichiro Takashima meyakinkan kalau upaya normalisasi bisa berjalan cepat. Upaya ini dapat dilakukan hanya dalam waktu satu pekan setelah ambles ke dalam tanah.

Jalan ini diresmikan lagi pada pukul 05.00 pagi waktu setempat atau hanya berselang empat jam sebelum jam macet saat orang bekerja. Para pekerja memang bekerja keras untuk menormalisasi jalan ini.

Hmm, lantas berapa lama perbaikan Jalan Gubeng yang ambles? Lebih cepat dari seminggu? Mudah-mudahan cepat ya sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di sekitarnya.

Baca juga: Kenapa Sih Jalan Gubeng Bisa Ambles

Bagikan: 532 kali