jakarta tenggelam Kompas.com

Isu perubahan iklim yang terus mencuat menjadikan isu Jakarta tenggelam dalam beberapa tahun mendatang semakin memanas.

Pasalnya, sudah sepantasnya perubahan iklim harus ditangani dengan cepat dan diantisipasi oleh penduduk dunia, termasuk warga Jakarta.

Untuk diketahui, salah satu faktor penyebab Jakarta tenggelam juga disebabkan karena penurunan tanah.

Selain faktor tersebut, kenaikan drainase air laut yang terus meninggi disebabkan perubahan iklim juga bisa membuat tenggelamnya Ibukota Jakarta.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengungkapkan karena itu pemerintah menghimbau kepada DKI Jakarta agar bisa menyediakan air untuk seluruh masyarakatnya.

“Masalah perubahan iklim, sea level rise ini kita pahami jika Jakarta semakin tenggelam 10-12 cm. PUPR benar-benar menghindari dan menghimbau kepada DKI Jakarta untuk menyediakan air bagi seluruh masyarakatnya,” Senin (4/10/2021).

Sebelumnya, menurut Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional menyebutkan jika permukaan tanah Jakarta terus menurun.

Kemudian, kenaikan permukaan air laut 0,8 - 1,2 cm yang diakibatkan oleh perubahan iklim.

Sementara, menurut Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas, Arifin Rudiyanto mengungkapkan Bappenas mengantisipasi hal ini yang disebabkan 80% warga Jakarta menggunakan sumur bor.

Arifin menjelaskan, banyaknya penggunaan sumur bor ini disebabkan karena sumber air bersihnya tidak mencukupi kebutuhan mereka, sehingga berpengaruh terhadap Jakarta tenggelam.

Oleh sebab itu, pemerintah melalui Bappenas berupaya meningkatkan kualitas pasokan air baku melalui Bendungan Jatiluhur dan bendungan lain.

“Nanti diolah dan kemudian disalurkan ke masyarakat,” jelas dia.

Nah jika hal tersebut sudah terpenuhi maka baru bisa melarang masyarakat untuk memasang sumur bor pada hunian mereka.

Arifin mengungkapkan terkait masalah kenaikan air laut tidak hanya terjadi di Jakarta saja, melainkan juga terjadi di seluruh Indonesia. 

Ini disebabkan oleh adanya perubahan iklim yang membuat suhu mengalami kenaikan hingga 1,5 derajat yang mempengaruhi Jakarta tenggelam.

“Perubahan iklim membuat curah hujan semakin lebat dan naik 2,5 mm per hari dibanding biasanya,” jelas dia.

Untuk mengatasi Jakarta tenggelam dan perubahan iklim global ini, memang Indonesia tak bisa sendiri dan harus bersinergi secara global.

Misalnya dengan mengurangi emisi demi mengatasi meningkatnya suhu global yang terus memanas dalam beberapa tahun mendatang. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai bahaya tenggelamnya Jakarta yang disebabkan atas kebutuhan air tanah sehari-hari.

Dengan demikian, kamu bisa mencegah bahaya Jakarta tenggelam dengan memulai gaya hidup ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan air tanah untuk rumah tangga.

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123.

"Tilik hunian idaman bersama Golden City Bekasi."
Bagikan:
215 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia