ekspatriat- rumah123.com Jakarta Selatan Menjadi Lokasi Favorit Para Ekspatriat Atau Para Pekerja Profesional dari Luar Negeri. Jakarta Selatan Memiliki Fasilitas Lengkap Termasuk Sekolah Internasional untuk Anak-Anak (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kawasan Jakarta Selatan masih menjadi lokasi favorit tempat tinggal bagi para ekspatriat atau pekerja profesional dari luar negeri. Area ini memiliki fasilitas yang lengkap.

Jakarta tidak hanya menjadi ibu kota negara, namun juga menjadi pusat bisnis dan ekonomi nasional. Jakarta pun menjadi kota perwakilan negara asing.

Banyak ekspatriat atau para pekerja profesional dari luar negeri yang tinggal di Jakarta. Begitu juga dengan para diplomat. Para ekspatriat ini bekerja di perusahaan multinasional atau pun perusahaan Indonesia.

Baca juga: 20 Kota Termahal Buat Ekspatriat, Kamu Mau Kerja di Sini

Sebenarnya, kawasan penyangga Jakarta seperti Tangerang, Bekasi, Cikarang, hingga Karawang memiliki kawasan industri berskala besar. Sederetan ekspatriat yang didominasi dari Jepang bekerja di kawasan industri ini.

Mereka bekerja di kawasan penyangga Jakarta, namun para ekspatriat ini banyak yang memilih untuk tinggal di Jakarta. Jakarta Selatan masih menjadi lokasi favorit tempat tinggal ekspatriat.

Hal ini terungkap dalam riset Colliers Indonesia, perusahaan konsultan properti asal Amerika Serikat. Dalam laporan yang diterima oleh situs properti Rumah123.com, terungkap sejumlah hal menarik.

Jakarta Selatan Memiliki Fasilitas yang Lengkap Bagi Ekspatriat

Dalam laporannya Colliers Indonesia menyatakan, “Terkait lokasi, Jakarta Selatan masih menjadi lokasi yang paling favorit untuk para ekspatriat, meskipun tempat bekerja mereka jauh dari Jakarta seperti di Karawang.”

“Para ekspatriat menemukan kalau Jakarta Selatan menyediakan fasilitas yang paling lengkap terutama sekolah internasional untuk anak-anak mereka. sebagian besar dari mereka memang membawa keluarga mereka,” lanjut laporan Colliers Indonesia.

Kawasan Kemang dan sekitarnya memang menjadi area favorit para pekerja asing. Ada sejumlah sekolah asing di kawasan ini.

Baca juga: 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia Untuk Lajang Pada 2019

Selain itu, kawasan ini memiliki restoran, hiburan malam, supermarket, dan lainnya. Hunian kelas menengah atas juga banyak mulai dari rumah, apartemen, hingga serviced-apartment.

Bagi para ekspatriat yang bekerja di Jakarta, tentunya jarak Kemang dengan kawasan pusat niaga (central business district) Sudirman atau Kuningan masih relatif dekat.

Ekspatriat Mencari Lokasi Hunian Terkoneksi MRT

Colliers Indonesia juga menyatakan beroperasinya Tol Layang Jakarta-Cikampek membuat para ekspatriat semakin dimudahkan untuk pergi pulang dari rumah ke kantor. Begitu juga sebaliknya.

Laporan ini juga mengungkapkan kalau semakin banyak ekspatriat yang bekerja di kota yang jauh dari Jakarta seperti Cirebon, Jawa Barat. Namun, ada jaringan serviced-apartment yang beroperasi di Cikarang, Jawa Barat.

Namun, saat ini ekspatriat juga sudah membidik klaster eksklusif khususnya yang dekat dengan stasiun MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu) Jakarta. MRT Jakarta sudah beroperasi sejak Maret 2019. Saat ini, MRT Jakarta baru memiliki satu rute yaitu Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia.

Baca juga: 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia, Jakarta Masuk Ga Ya

“Mereka (para ekspatriat) menemukan kalau hal ini lebih praktis karena fasilitas pendukung yang tersedia dan kemudahan akses,” lanjut laporan Colliers Indonesia.

Pasar hunian untuk ekspatriat menunjukkan perkembangan yang positif. Iklim investasi di Indonesia diklaim lebih baik. Banyak perusahaan asing yang berencana untuk membangun pabrik di Indonesia.

Sementara perusahaan lainnya berencana untuk melakukan ekspansi bisnis. Hal ini tentunya berdampak pada semakin banyaknya ekspatriat yang masuk ke Indonesia.

Baca juga: 10 Kota dengan Biaya Hidup Paling Mahal Sedunia, Berdoa Deh Kalo Kamu Ga Tinggal di Sini

Bagikan:
846 kali