Polusi Udara Jakarta- Rumah123.com Menurut Aplikasi Pemantau Kualitas Udara, AirVisual, Jakarta Menjadi Kota dengan Kualitas Udara Paling Tidak Sehat di Indonesia. Sebenarnya, Jakarta Juga Sempat Menempati Posisi yang Sama untuk Level Dunia (Foto: Rumah123/Getty Images)

Jakarta menjadi kota yang berada di posisi pertama sebagai kota yang memiliki kualitas udara paling tidak sehat di Indonesia. Jangan heran juga kalau Jakarta juga jadi salah satu kota dengan polusi udara terburuk di dunia.

Situs Kumparan.com melansir hasil temuan ini berdasarkan data AirVisual pada Rabu, 26 Juni 2019 pada pukul 14.29 WIB (Waktu Indonesia bagian Barat). Jakarta memiliki nilai 160 AQI (Air Quality Index).

Ibu kota Jawa Barat, Bandung mempunyai nilai indeks 117 AQI dan berada di peringkat 2. Sementara Medan di Sumatera Utara berada di posisi 3 dengan nilai 78 AQI.

Baca juga: Atasi Polusi, Akhir 2018 Jerman Gratiskan Angkutan Umum. Indonesia Kapan?

Surabaya, Jawa Timur berada di peringkat 4 dengan memiliki nilai 73 AQI. Pada posisi lima adalah Makassar, Sulawesi Selatan dengan nilai 57 AQI.

Sekedar informasi, kategori AQI atau Air Quality Index mempunyai beberapa kategori. Nilai 0-50 berarti udara bersih.

Nilai 51-100 berarti sedang. Nilai 101-150 berarti tidak sehat untuk kelompok sensitif. Sementara 151-200 berarti tidak sehat.

Baca juga: Polusi Kendaraan Bisa Merusak Otak Anak, Bahkan Sebelum Dilahirkan Lho

AirVisual merupakan aplikasi pendetekasi polusi udara yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini banyak dimanfaatkan untuk memantau kualitas udara.

Indeks AQI ini menghitung berdasarkan enam jenis polutan utama seperti PM 2,5, PM 10, karbon monoksida, asam belerang, nitrogen dioksida, dan ozon permukaan tanah.

AirVisual juga bisa memberikan saran kesehatan terkait kondisi polusi udara. Aplikasi akan menyarankan pengguna memakai masker atau tidak saat keluar rumah.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Jangan Beli Hunian Sebelum Tahu Soal Polusi Suara

Aplikasi ini menyediakan peta polusi udara sederetan kota-kota besar di dunia. Pada Selasa, 25 Juni 2019, Jakarta sempat menempati peringkat pertama sebagai kota dengan tingkat polusi udara terburuk di dunia.

Mau tahu berapa AQI-nya? Ternyata 240! Bayangkan saja kalau 151-200 saja sudah termasuk kategori tidak sehat, bagaimana dengan 240?

Jakarta menjadi kota paling terpolusi mengalahkan Lahore (Pakistan), Tashkent (Uzbekistan), Wuhan (China), Dubai (Uni Emirat Arab), Delhi (India), Bratislava (Slowakia), Santiago (Chile), Chengdu (China), dan Sofia (Bulgaria).

Baca juga: Waduh, Jakarta Jadi Kota dengan Polusi Udara Paling Buruk di Asia Tenggara

Nah, lantaran kualitas udara di Jakarta memang kurang baik, tentunya tidak mungkin kalau kamu tidak keluar rumah. Ada sejumlah solusi mudah yang bisa dilakukan.

Pertama, kamu harus selalu menggunakan masker saat keluar rumah apalagi kalau naik motor atau menggunakan ojek online. Kedua, memakai alat pembersih udara. Ketiga, tidak membuka jendela rumah. Keempat, menunda berolahraga di luar rumah.

Bagikan: 1019 kali