Vernonia Amygdalina atau daun afrika merupakan obat herbal yang banyak khasiatnya - Rumah123.com Vernonia Amygdalina atau daun afrika merupakan obat herbal yang banyak khasiatnya - Rumah123.com

Obat herbal banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu alternatif obat-obatan kimia. Sebab, obat-obatan herbal dipercaya sebagai obat-obatan yang aman dikonsumsi dibandingkan dengan obat racikan atau kimia. Meskipun belum semua obat herbal dapat dipercaya keamanannya secara klinis, tetapi orang-orang lebih percaya jika obat-obatan herbal lebih ampuh mengatasi sebuah penyakit.

Salah satu tanaman obat herbal yang sudah menjadi legenda di masyarakat adalah Daun Afrika. Daun ini memiliki kandungan banyak nutrisi seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi, dan natrium. Tidak hanya itu, ia  juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B komplek yang dapat membuat tubuh kamu lebih sehat.

Banyak orang yang masih asing terhadap obat herbal legendaris satu ini, padahal obat herbal ini sudah menjadi obat herbal yang sering digunakan dari jaman dahulu loh. Karena daun dengan nama latin  vernonia amygdalina ini dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Disini, Rumah123.com sudah merangkum beberapa manfaat dari daun ini.

1. Menurunkan kolesterol

Daun afrika dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 50%. Kolesterol disebabkan karena adanya penyumbatan dalam pembuluh darah arteri sehingga menimbulkan penumpukkan kolesterol jahat dalam tubuh. Walaupun sejauh ini belum ada penelitian dan bukti yang kuat, tetapi sudah banyak orang-orang yang mempercayai jika daun afrika dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Mencegah penyakit kanker

Daun afrika dipercaya memiliki khasiat anti kanker, sehingga daun afrika dapat mencegah tumbuh kembangnya sel kanker. Ekstrak daun afrika dapat menurunkan kadar estrogen dalam darah yang memiliki resiko tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Ekstrak daun afrika nantinya akan mematikan sel kanker yang ada di sekitar area hidung hingga tenggorokan.

3. Mencegah penyakit jantung

Untuk menjauhi penyakit jantung, kita butuh asupan omega 3 dan omega 6. Tentunya, nutrisi tersebut dapat kamu dapatkan di daun afrika. Omega 3 dan omega 6 ini terpercaya dapat melindungi tubuhmu dari penyakit jantung. Tidak hanya itu, daun afrika juga memiliki sifat anti peradangan sehingga dapat membantu melawan cedera, infeksi dan iritasi pada kulit.

4.  Mencegah malaria

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi virus nyamuk anopheles, karena diyakini daun afrika mengandung khasiat yang dapat membantu mencegah gejala penyakit malaria. Sudah menjadi rahasia umum jika Afrika merupakan daerah endemis penyakit malaria. Biasanya, orang-orang Afrika menjadikan daun afrika sebagai minuman jus untuk diminum.

5. Mencegah diabetes

Di Afrika, daun afrika menjadi pengobatan alternatif diabetes di samping pengobatan dokter. Ekstrak daun afrika memiliki zat aktif seperti saponin, tanin, flavonoid dan zat aktif lainnya yang dapat membantu menurunkan glukosa dalam darah setelah kamu mengonsumsi makanan. Selain itu, ekstrak etanol dapat mengurangi kadar gula darah secara keseluruhan. Diyakini, daun afrika dapat mengurangi kadar gula dalam darah sebanyak 50%.

6. Mengatasi luka

Daun afrika dipercaya dapat mempercepat penyembuhan atau mengeringkan luka pada kulit. Tidak hanya itu, saat kamu mengkonsumsi daun afrika kamu akan merasa tenang dan rileks, sehingga tidak membuat kamu khawatir terhadap luka yang akan berbekas di kulit kamu.

7. Menyembuhkan flu

Flu merupakan salah satu penyakit yang tidak bahaya tetapi sering menghambat aktivitas sehari-hari. Sebabnya aktivitas kamu jadi terganggu saat sedang mengalami sakit flu. Untuk itu kamu harus mempunyai obat jitu yang dapat membuat flu kamu sembuh dengan cepat dan membuat kamu lebih bebas menjalani hari-harimu. Daun afrika mengandung senyawa flavonoid yang khasiatnya dapat menjauhkan kamu dari virus-virus flu.

8. Mengobati peradangan

Peradangan biasanya disebabkan oleh pertumbuhan senyawa pemicu radang bernama prostaglandin. Atau awamnya peradangan sendi diakibatkan oleh kurangnya asupan mineral magnesium dalam tubuh. Daun afrika bisa kamu jadikan solusi untuk meredakan peradangan dalam tubuhmu. Karena daun afrika diperkaya oleh sejumlah zat yang bersifat anti inflamasi.

9. Mengobati tifus

Penyakit tifus biasanya disebabkan oleh bakteri patogen bernama Salmonella Thyposa. Daun afrika dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan dari penyakit tifus loh. Penyembuhan ini dihasilkan dari kandungan zat antibakteri dan antibiotik yang dapat melawan bakteri-bakteri jahat secara efektif yang ada didalam tubuh kamu. Jika kamu memiliki gejala tipes, segera mengkonsumsi daun afrika secara rutin.

10. Mengobati asam urat

Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang dapat menghambat atau mengganggu keseharianmu. Biasanya, asam urat menimbulkan rasa nyeri pada salah satu anggota badan dan membuat area tersebut sulit atau lebih berat saat digerakkan. Untuk itu, jika kamu memiliki riwayat penyakit asam urat kamu harus rutin mengonsumi daun afrika. Daun afrika dipercaya dapat merangsang pembuangan asam urat berlebih melalui urin kamu.

Daun afrika merupakan tanaman herbal yang banyak manfaatnya untuk kesehatanmu. Tapi kamu juga harus tetap menaati saran dokter untuk tetap menjaga kestabilan kesehatan kamu ya!

Bagikan:
9037 kali