Lounge di Kawana Golf Residence. Perhatikan langit-langit bangunannya yang tinggi. Foto: Rumah123/Dok Jababeka
 

Pasti kamu udah tau kan kalau langit-lagit rumah tinggi itu bikin nyaman ruangan rumah. Lebih banyak udara yang bisa ditampungnya ketimbang kalau langit-lagit rumah rendah. Kapasitas udara yang banyak itulah yang bikin rumah lebih adem. Suhu di dalam rumah lebih sejuk karena terpaan sinar matahari dapat dinetralisasi oleh ruang yang menampung banyak udara. Tapi, ternyata bukan itu aja lho keuntungan langit-langit rumah yang tinggi. Ada keuntungan yang lain, pengen tau?

Dari hasil penelitian yang dilakukan Dr Oshin Vartanian dari University of Toronto-Scarborough seperti dikutip Daily Mail, ruangan dengan langit-langit yang tinggi membuat otak terstimulasi untuk lebih bereksplorasi, sekaligus bikin pikiran lebih bebas. Kok bisa?

Baca juga: Berapa Sih Tinggi Ideal Plafon Rumah?

Gini, Dr Oshin dalam penelitian tersebut pake sejumlah relawan sebagai partisipan. Mereka diminta memandang 200 gambar ruangan. Separuh dari jumlah gambar itu adalah gambar ruangan dengan langit-langit yang tinggi. Partisipan lantas diminta menilai tingkat estetika dari masing-masing ruangan. Pada saat bersamaan, para peneliti men-scan otak para partisipan.

Hasil scan, yakni partisipan lebih tertarik pada ruangan dengan langit-langit tinggi ketimbang yang rendah. Aktivitas otak mereka lebih aktif pada saat mereka melihat langit-langit tinggi. Hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental Psychlogy ini tidak jauh berbeda atau bahkan mendukung hasil penelitian pada 2007.

Baca juga: Yuk, Bikin Hunian Jadi Lebih Terang

Mau tambah lagi dukungan perihal langit-langit rumah yang tinggi? Journal of Consumer Research menyebutkan, tinggi atau rendahnya langit-langit rumah berpengaruh bagi cara orang berpikir. Sedangkan pakar pemasaran Joan Meyers-Levy dan Rui Zhu dari hasil penelitiannya juga menyimpulkan bahwa langit-langit rumah yang tinggi bikin orang berpikir lebih bebas, kreatif, dan melihat segala kemungkinan yang ada. Sementara langit-langit rumah yang pendek bikin orang cenderung berpikir sempit dan terbatas.

Nah, kalau kamu berencana merenovasi rumah atau akan bangun rumah, atau sedang mencari rumah, bisa pilih yang langit-langitnya tinggi.

Bagikan: 679 kali