Foto: Rumah123/Getty
   

Percaya gak kalau lemari pakaian kamu rapi dan tertata oke bakal berpengaruh pada kehidupan kamu? Hidup kamu jadi lebih teratur, rapi, dan bergairah bisa berawal dari lemari pakaian. Jadi, secara berkala mereorganisasi lemari pakaian kamu itu penting lho!

Berikut ini cara mereorganisasi lemari pakaian:

Tahap Seleksi

Saat pertama kali kamu membongkar isi lemari pakaian, bagi isi lemari ke dalam tiga bagian:

Bagian 1: Baju, tas, sepatu, benda-benda lain, yang gak bisa digunakan lagi. Artinya, ketiga barang ini sudah rusak. Jangan diberikan ke orang lain karena percuma toh gak bisa dia pakai juga.  Jadi, buang saja.

Bagian 2: Baju, sepatu, tas, benda-benda lain, yang masih kamu pakai atau kamu sukai. Kelompok barang-barang ini yang akan kamu tata ulang di dalam lemari.

Bagian 3: Baju, sepatu, tas, benda-benda lain, yang akan kamu berikan ke orang lain. Ingat-ingat kepada siapa akan kamu berikan barang-barang golongan ini.

Baca juga: 7 Syarat Lemari Pakaian Ideal! Bajunya?

Tahap Penyimpanan

Benda-benda yang punya memori tersendiri boleh aja kamu simpan, tapi menyimpannya jangan di lemari pakaian. Carilah tempat tersendiri untuk menyimpannya, semisal di kotak plastik besar, kemudian tempatkan di pojok khusus yang aman.

Atur baju-baju dalam lemari dengan rapi sesuai jenisnya. Gaun dengan gaun, rok dengan rok, blus dengan blus, baju rumah dengan baju rumah, dan seterusnya. Baju-baju pesta yang jarang kamu pakai sehari-hari jangan kamu campur dengan baju-baju kerja yang sering kamu pakai sehari-hari dan baju-baju rumah.

Pakaian dalam dan sapu tangan atau handuk tempatkan pada susunan tersendiri. Sehingga, pada saat kamu sedang membutuhkannya, maka akan gampang mendapatkannya.

Untuk alas lemari, sebaiknya jangan gunakan kertas koran. Pilih kertas kado yang polos warna-warni ataupun bermotif cerah sesuai selera.

Baca juga: Gak Cuma Baju, Milenial di Cimanggis City Juga Bisa Laundry Sepatu

Reorganisasi Secara Berkala

Kapan terakhir kali kamu membenahi dan menata ulang lemari pakaian? Setahun sekali, dua atau tiga kali setahun? Wah, pantas aja lemari pakaianmu acak kadul gitu. Kalau kamu sedang mencari sebuah baju atau kaus kaki, mungkin kamu acak-acak semua isi lemari.

Reorganisasi lemari pakain tuh yang paling bagus sih seminggu sekali. Carilah waktu luang sehingga kamu bisa melakukannya dengan tenang. Kalau setiap minggu kamu teratur membereskan lemari pakaian, maka gak akan membutuhkan waktu lama untuk membuatnya rapi dan enak dipandang. Paling gak cuma butuh waktu 30 menit. Sebaliknya, kalau kamu melakukannya setahun sekali, akan butuh waktu lama, mungkin sejam dua jam, untuk menatanya kembali.

Sekarang coba pandangi isi lemari pakaianmu, enak dipandang kan? Setiap hari kamu gampang mengambil baju yang akan kamu pakai, semuanya tetap rapi dan teratur. Masuk akal kan kalau langkah-langkah hidupmu selanjutnya jadi teratur juga.

Bagikan: 1595 kali