Covid19 Sumber: CNBC Indonesia

Pada Senin, 21 Juni 2021 yang lalu Indonesia mencetak rekor penambahan kasus Covid-19 harian mencapai angka 14.536.

Angka tersebut melebihi rekor sebelumnya yang terjadi pada 30 Januari 2021 sebanyak 14.518 kasus baru harian.

Tampaknya masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah serta masyarakat untuk bisa mengatasi penyebaran virus ini secara tuntas.

Bukan berarti tanpa harapan, ada 6 negara di belahan dunia lainnya yang telah berhasil menekan angka penyebaran virus Corona.

Itu bisa terlihat dari kebijakan pemerintah yang tidak lagi mewajibkan warganya menggunakan masker pelindung wajah.

Penasaran siapa saja negara yang telah berhasil mewujudkannya?

Yuk, langsung saja kita simak daftarnya berikut ini:

1. Amerika Serikat

Melansir dari Detik, negara pertama datang dari Amerika Serikat.

Meskipun total angka penderita Covid-19 di Amerika Serikat yang paling tinggi di dunia mencapai lebih dari 34 juta kasus, namun pemerintahan Joe Biden telah memperbolehkan masyarakat untuk beraktivitas tanpa masker.

Salah satu alasannya ialah karena pemerintah telah berhasil mempercepat program vaksinasi massal kepada warga Amerika Serikat.

2. Italia

Menteri Kesehatan Italia yakni Roberto Speranza dalam sebuah cuitannya menyebutkan bahwa masyarakat Italia sudah bisa beraktivitas tanpa menggunakan masker dengan syarat mereka sudah berada di zona putih.

Zona putih sendiri adalah wilayah yang memiliki angka peningkatan kasus rendah dan tingkat keterisian rumah sakit relatif rendah.

3. Israel

Selanjutnya ada negara Israel.

Pemerintah Israel dinilai berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19 dan telah melaksanakan program vaksin kepada 50% lebih warganya.

4. Selandia Baru

Keempat ada Selandia Baru.

Semenjak Covid-19 pertama menyebar di seluruh dunia pada bulan Maret 2020, Selandia Baru merupakan salah satu negara yang menerapkan lockdown ketat bagi warga negaranya maupun warga negara asing.

Alhasil, angka penyebaran Covid-19 di Selandia Baru sangat rendah dan kini warga Selandia Baru sudah bisa menyelenggarakan berbagai macam acara tanpa menggunakan masker.

5. China

Meskipun China menjadi negara pertama yang terkena dampak penyebaran Covid-19 di dunia, namun pemerintah mampu mengatasinya dengan sigap.

Bahkan di kota Wuhan yang dipercaya sebagian orang sebagai sumber penyebaran virus pertama kali, aktivitas warga sudah kembali normal seperti biasa lagi.

6. Hungaria

Terakhir ada negara Hungaria yang sukses menekan angka penyebaran Covid-19.

Selain itu, pemerintah juga telah sukses mempercepat program vaksinasi massal kepada warga negaranya.

Nah, itulah 6 negara yang sudah tidak lagi mewajibkan warganya untuk menggunakan masker.

Jika kamu sedang mencari rumah di marketplace terpercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123 untuk  mendapatkan penawaran terbaik.

Bagikan:
678 kali