Seattle, Amerika Serikat (Rumah123/Mansion Global)

Apa yang terpikirkan saat ingin berinvestasi properti? Pastinya investor berpikir untuk menanamkan uangnya untuk membeli hunian di kota besar.

Jumlah penduduk yang banyak tentunya membuat permintaan hunian meningkat. Bagi investor yang memiliki properti ini tentunya menjadi peluang emas.

Baca juga: Gaji Kecil, PHK, dan Inflasi Bikin Penjualan Hunian Turun Drastis

Namun, pernahkah terpikir untuk berinvestasi properti di kota kecil? Mungkin malah tidak ya karena pasti menganggap kota kecil belum punya peluang investasi yang menarik.

Paul Fried, seorang konsultan keuangan yang juga executive managing director Greystone Bassuk Group menyatakan kalau kota-kota kecil dan menengah sebenarnya membuka peluang investor untuk mendapatkan pemasukan tahunan yang besar.

Baca juga: Di Sini Ada 625 Ribu Orang yang Punya Rumah Seharga Rp17,5 Miliar! Mau Gabung Ga?

Investasi properti di kota kecil menawarkan kesempatan bagi investor untuk meraih harga sewa tinggi tanpa perlu takut risiko yang besar. Dia memberikan contoh sejumlah kota kecil dan menengah di Amerika Serikat seperti Charlotte, Nashville, Raleigh, dan Durham.

Kota-kota ini bukanlah New York, Los Angeles, atau San Francisco yang tergolong kota besar atau kota megapolitan dengan penduduk belasan hingga puluhan juta. Kota-kota tersebut juga bukan seperti ibu kota AS, Washington DC yang harga propertinya selangit.

Baca juga: Kerja 100 Jam Seminggu Buat Nyicil Rumah? Truz Kapan Istirahatnya?

Sederetan kota ini hanya memiliki penduduk dari 500 ribu jiwa hingga 3 juta jiwa. Namun, jangan salah kalau kota ini terus berkembang.

Chief executive officer (CEO) perusahaan pengembang Grubb Properties, Clay Grubb menyatakan kalau ada 100 orang pendatang baru di Charlotte dan Raleigh setiap harinya. Sementara Knight Frank Wealth Report melansir kalau ada 150 pendatang di Austin.

Baca juga: Tahan Dingin? Pindah Aja ke Moscow, Sewa Huniannya Murah Banget Lho

“Bagi investor pada umumnya, meraih keuntungan di kota besar sepertinya sulit. Hal itu tidak akan terjadi, karena mereka mau mendengarkan kisah tentang peluang investasi di kota kecil,” ujar Fried seperti dikutip oleh laman properti Mansion Global.

Pertumbuhan peluang kerja, biaya hidup yang rendah, dan dekat dengan kota besar jadi sejumlah alasan investasi properti di kota kecil mulai menjanjikan.

Baca juga: Sewa atau Beli? Mendingan Sewa Kalau Beli Hunian Malah Kena Pajak Tinggi

Hmm, kalau di Indonesia bagaimana ya? Mungkin nggak ya investor properti membeli hunian di kota kecil yang jaraknya jauh dari kota besar?

Kayaknya belum bisa ya karena transportasi umum di sini belum terintegrasi dan belum menjangkau kota kecil. Juga belum banyak kota kecil yang memiliki pertumbuhan pesat.

Bagikan:
1507 kali