Parkir Sepeda di Stasiun Kereta Utrecht, Belanda yang Didesain oleh Ector Hoogstad Architecten (Rumah123/Dezeen)

Sebentar lagi, masyarakat kota Utrecht di Belanda akan memiliki tempat parkir sepeda terbesar di dunia. Lokasinya berada di bawah stasiun kereta Central Station.

Saat ini, parkir sepeda yang ada baru bisa menampung 6.000 sepeda. Nanti, ada tambahan 1.500 lahan parkir lagi pada 2017. Kelak, tempat ini bisa menampung 12.500 sepeda.

Baca juga: Milenial Pilih Tinggal di Kawasan Sub Urban, Nah Begini Dong!

Biro arsitek asal Belanda, Ector Hoogstad Architecten mendesain lahan parkir dan juga stasiun ini. Biro arsitek ini didirikan oleh Joost Ector dan berkantor di Rotterdam.

Selain lahan parkir ini, ada sejumlah tempat parkir lainnya di sekitar Central Station Utrecht. Bedanya, kalau tempat parkir di stasiun ini merupakan properti negara maka lahan parkir lainnya merupakan milik swasta.

Baca juga: Mau Hadir di Piala Dunia 2022? Ada Stadion Berbentuk Peci Lho

Sejumlah investor swasta telah menanamkan uangnya untuk membangun 11.000 tempat parkir. Selain itu, ada 700 sepeda yang bisa disewakan bernama sepeda OV.

Saat ini, secara keseluruhan ada 22.000 lahan parkir sepeda di sekitar stasiun. Tidak heran karena stasiun ini menghubungkan sejumlah kota di Belanda. Posisi Utrecht berada di tengah negara.

Baca juga: Gaji Kecil, PHK, dan Inflasi Bikin Penjualan Hunian Turun Drastis

“Mudah-mudahan, rak sepeda tersedia dengan cukup sehingga para penggendara bisa memarkir sepedanya di sini,” ujar juru bicara pemerintah kota Utrecht seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur Dezeen.

Stasiun ini bisa menampung 176.000 penumpang per hari. Ada 16 lajur kereta pada stasiun ini. Sementara penduduk Utrecht yang menggunakan sepeda mencapai 33 persen. Kota ini memiliki populasi 330 ribu jiwa dan menjadi kota terpadat keempat di Belanda.

Baca juga: Perangi Teroris di Perkotaan? Lawan Pakai Pepohonan Aja

Fasilitas parkir sepeda ini memang didesain berdekatan dengan stasiun kereta api dan terminal bus. Nantinya, jaringan ini akan menjadi yang terbesar di Belanda.

Wah, benar-benar terintegrasi ya. Masyarakat biasa pergi menggunakan bus atau kereta api ketika keluar kota, namun menggunakan sepeda di dalam kota.

Baca juga: Kawasan Sub Urban Lebih Hidup Karena Pengaruh Milenial, Beneran Lho

Kapan ya Indonesia bisa memiliki sistem transportasi terintegrasi? Mungkin sih dalam waktu dekat ya, karena commuter line, TransJakarta, Mass Rapid Transit (MRT), dan Light Rapid Transit bakal terintegrasi.

Tetapi, kayaknya masih lama kalau ada sistem transportasi yang terintegrasi dengan sepeda. Padahal naik sepeda bisa bikin sehat lho.

Bagikan: 2075 kali