Rumah Jepang memang sangat cocok untuk kamu yang mengusung gaya hidup minimalisme. Ini dia inspirasi desain rumah di lahan 7x10 m2!

Pesona Negeri Sakura memang seakan tak ada habisnya. 

Dari kemajuan teknologinya yang membuat wisatawan berdecak kagum, kekayaan budaya nan unik, sampai ke desain arsitektur dan interior bangunan rumah khas Jepang yang inspiratif. 

Popularitas rumah Jepang mulai mendapat perhatian khusus berkat sorotan dunia hiburan yang ditampilkan melalui hiburan semacam anime dan film. 

Tak heran rasanya jika rumah bergaya Jepang yang khas menjadi salah satu inspirasi desain hunian favorit yang disukai karena berbagai keunikan yang dimilikinya.  

Apakah kamu ingin membangun rumah bergaya minimalis khas Negeri Matahari tersebut, tapi terhalang area yang tidak terlalu luas?

Melansir dari akun YouTube Ainarchitecture, berikut ini kami sajikan inspirasi bangunan berukuran 7x10 dengan budget Rp100 juta.

Simpel tapi fungsional 

rumah jepang Sumber: YouTube ainarchitecture

Aspek kesederhanaan yang menjadi pilar utama gaya arsitektur Jepang menjadi patokan utama pembangunan rumah satu lantai ini. 

Kunci penting dalam menciptakan hunian yang tetap fungsional dengan lahan terbatas adalah pemanfaatan ruangan secara maksimal yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.  

Untuk itu, kamu sudah bisa mendapatkan paket lengkap berupa area santai berupa zen garden mini yang terhubung langsung dengan ruang tamu, ruang keluarga, dua kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang jemur. 

Area masuk serbaguna 

rumah jepang Sumber: YouTube ainarchitecture

Akses masuk ke rumah dibuat dengan pintu teralis kayu yang dapat terlihat dari luar. 

Taman Jepang minimalis yang menyatu ke area ruang tamu serbaguna memberikan kesan luas pada hunian, serta dapat sekaligus dipakai untuk tempat bersantai. 

Primadona pada bagian ini tentu saja adalah seperangkat meja dan kursi lesehan yang nyaman untuk menyambut tamu dan bisa dimanfaatkan sebagai meja makan.

Ruang tengah tanpa partisi

rumah jepang Sumber: YouTube Ainarchitecture

Untuk memberikan kesan lega pada ruang tengah, penggunaan partisi diganti dengan tirai.

Tirai tersebut dapat digunakan saat tamu datang untuk memberikan privasi yang memisahkan antara ruang tamu dan ruang keluarga. 

Lantai kayu yang dipakai di seluruh bagian rumah menjadi elemen wajib yang akan memberikan nuansa alami khas Jepang. 

Tak ketinggalan pada bagian partisi luar yang dapat digeser agar dapat terbuka maksimal dan memaksimalkan pencahayaan alami pada hunian.

Kamar mandi bernuansa serba putih 

rumah jepang Sumber: YouTube Ainarchitecture

Warna putih sengaja dipilih untuk melapisi bagian kamar mandi agar terlihat lebih luas dan tampak senantiasa bersih. 

Lantai kamar mandi juga dibuat lebih rendah untuk meminimalisir cipratan air yang mengalir saat mandi. 

Toilet duduk atau jongkok dapat dipilih sesuai keinginan dengan opsi penambahan bak air mini dan shower

Kabinet besar di belakang kloset juga dapat menjadi tempat penyimpanan handuk dan produk-produk perawatan pribadi. 

Pemasangan jendela geser besar dengan kaca transparan akan jadi sumber penyinaran yang baik sekaligus sebagai berfungsi ventilasi udara.

Kamar tidur anak dengan lantai mezzanine

rumah jepang Sumber: YouTube Ainarchitecture

Tempat beristirahat untuk sang buah hati dirancang dengan memakai ranjang susun  dengan konsep mezzanine yang juga terintegrasi dengan lemari multifungsi dan meja kecil untuk belajar. 

Kamar tidur utama 

rumah jepang Sumber: YouTube Ainarchitecture

Kombinasi warna kamar dipilih dengan dinding kayu yang dicat putih agar memberikan ilusi ruang yang tampak lebih lega dan harmonis.  

Pada bagian kamar tidur utama, satu set meja rias diletakan dengan model ranjang berukuran twin XL serta lemari dua pintu berwarna abu-abu tua agar senada dengan dinding.   

Dapur minimalis yang terhubung dengan ruang jemur 

rumah jepang Sumber: YouTube Ainarchitecture

Seluruh kitchen set ditempatkan sejajar pada satu sisi dapur yang dapat diakses dari ruang tamu tanpa partisi. 

Ruang jemur yang terhubung langsung dengan dapur menyediakan sumber sirkulasi udara serta pencahayaan yang cukup dengan pintu geser sebagai pembatas. 

Inspirasi rumah Jepang minimalis ukuran 7x10 tersebut dapat menjadi referensi hunian idaman yang tak hanya fungsional, tapi juga tampak menarik. 

Temukan berbagai inspirasi desain dan tips rumah lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Bagikan:
13585 kali