ruko minimalis- Rumah123.com Desainer Interior John Pawson Mendesain Butik Milik Christopher Kane yang Berada di London, Inggris. Desain Minimalis Ini Dapat Diaplikasikan Jika Kamu Memiliki Ruko Minimalis (Foto: Rumah123/Dezeen)

Bagi yang ingin memulai bisnis, ada sejumlah inspirasi desain minimalis dan tips bagaimana mendesain ruko atau rumah toko. Seperti apa ya?

Bagi yang ingin memulai bisnis pakaian dengan membuka butik atau distro, kamu sering menjumpai kenapa butik atau toko pakaian sering kali didesain dengan gaya minimalis.

Hal ini berbeda kalau memiliki usaha makanan, maka kamu akan menemukan kedai kopi, restoran, dan  warung dengan gaya beragam. Desain industrial sempat menjadi tren. Begitu juga dengan gaya tradisional.

Baca juga: Mengubah Tampilan Rumah dengan Memasang Pagar Kayu Minimalis

Desain interior butik atau distro memang sering kali dirancang minimalis dan simpel lantaran desainer interior ingin para pengunjung bisa berfokus pada pakaian, sepatu, dan aksesoris yang dipasarkan. Fokus konsumen hanya produk, bukan lingkungan sekitar.

Situs desain dan arsitektur Dezeen memberikan beberapa contoh desain butik dengan gaya minimalis. Kebanyakan ruang berupa beton ekspos.

Warna yang diaplikasikan biasanya putih atau abu-abu. Desainer interior juga merancang penataan cahaya. Tidak banyak barang yang terdapat dalam toko kecuali produk dan alat untuk memajang produk.

Baca juga: Panduan Lengkap Menciptakan Rumah Bergaya Minimalis

Ada yang menambahkan elemen lain seperti menaruh bangku, memasukkan kotak besar, menempatkan taman, dan lainnya. Tetapi, porsinya memang tidak banyak.

Desain seperti ini tidak hanya menjadikan ruko minimalis terkesan simpel, namun juga menyuguhkan tempat yang mewah dan eksklusif.

ruko minimalis- Rumah123.com Studio Desain Interior Asal Jepang, Nendo Merancang Interior Sebuah Butik Pakaian di Tokyo, Jepang (Foto: Rumah123/Dezeen)

Cara Mudah Mengaplikasikan Gaya Minimalis Pada Ruko

Saat kamu ingin memiliki ruko minimalis, tentunya gaya desainnya harus mendukung. Bisa jadi kamu sedang mulai mendesain atau merancang ulang ruko, gaya minimalis ini bisa menjadi pertimbangan lantaran banyak hal.

Desain minimalis memang tren. Konsumen bisa berfokus pada produk dibandingkan dengan butik atau toko. Pemilik juga tidak perlu mengeluarkan dana banyak untuk mendekorasi ruangan.

Situs Designcurial.com memberikan tiga cara mudah dalam menerapkan gaya minimalis dalam industri ritel. Seperti apa sih caranya membuat ruko minimalis.

  1. Atur Ulang Desain Ruko

Kalau butik atau toko memiliki elemen dekorasi yang sedikit, pengunjung atau konsumen akan lebih memerhatikan produk. Buang semua dekorasi yang terlalu berlebihan atau tidak memiliki fungsi sama sekali.

Tanpa aksesoris yang banyak, toko akan terlihat lebih luas. Konsumen bisa lebih leluasa saat melihat produk yang ada. Pemilik dan juga pramuniaga dapat melayani pelanggan dengan baik.

  1. Memajang Produk Utama

Desain ruko minimalis tentunya bisa membuat hal berbeda. Kamu akan menempatkan produk sebagai fokus utama dalam toko. Supaya produk menjadi fokus utama, tidak ada salahnya mengaplikasikan warna terang pada ruangan.

Banyak cara untuk menampilkan produk dengan menempatkan rak, meja, atau display. Untuk produk best seller, kamu bisa memajangnya secara khusus.

  1. Melakukan Penataan Cahaya

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam mendesain toko atau butik adalah penataan cahaya. Cahaya tidak hanya sekedar membuat ruangan terang, namun bisa menciptakan suasana dan perasaan yang berbeda bagi konsumen.

Lampu yang dipasang bisa beragam. Ada yang menyorot langsung ke produk, ada yang menjadi latar belakang, dan lainnya.

ruko minimalis- Rumah123.com Biro Desain Asal Belanda, Studio Jos Van Dijk Merancang Interior Perusahaan Sepatu ETQ di Amsterdam, Belanda (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 4053 kali