Rumah tentu tidak lengkap tanpa keberadaan garasi sebagai tempat parkir atau menyimpan kendaraanmu. Membangun rumah tanpa garasi mobil dan motor tentu akan membuat kamu kesulitan memarkir kendaraan ataupun mengganggu tetangga sekitar rumah karena kendaraanmu menutupi jalan atau pagar rumah mereka.

Selain berguna untuk menyimpan kendaraan dengan aman. Garasi mobil/motor juga memiliki keperluan lain, misalkan menaruh barang barang berukuran besar maupun menjadi ruang bermain bagi kamu dan anak anak.

Membangun garasi yang baik tentu harus memperhatikan desain dan fungsi dari garasi itu sendiri, Jangan sampai desainnya tidak cocok dengan rumahmu atau malah tidak sesuai fungsinya. Mau tahu apa saja inspirasi garasi yang cocok untuk rumahmu? Yuk simak artikel berikut!

Garasi Mobil Terbuka di Samping Rumah (Side Garage)

Garasi mobil dengan model terbuka seperti ini cukup multifungsi. Selain untuk memarkir kendaraan, bisa sebagai tempat bermain anak-anak (Rumah123.com) Garasi mobil dengan model terbuka seperti ini cukup multifungsi. Selain untuk memarkir kendaraan, bisa sebagai tempat bermain anak-anak (Rumah123.com/Getty Images)

Garasi mobil model ini cocok untuk kamu yang tinggal di komplek maupun kavling perumahan karena bentuknya yang terbuka. Ini juga cocok untuk kamu yang memiliki luas tanah yang tidak begitu luas karena selain menjadi garasi ia juga bisa menjadi ruang bermain terbuka untuk aktivitas keluarga dan anak anak.

Baca juga: Desain Dapur Terbuka, Ini 6 Kelebihan dan Kekurangannya

Garasi Mobil Berpagar di Depan Rumah (In Front Garage)

Garasi mobil model samping ini cocok untuk kamu yang punya lahan besar (Rumah123.com) Garasi mobil model samping ini cocok untuk kamu yang punya lahan besar (Rumah123.com/Getty Images)

Garasi dengan model ini cocok untuk kamu yang memiliki lahan lumayan luas dan tidak tinggal di perumahan atau kavling. Garasi model depan rumah ini biasanya memiliki kapasitas yang besar dan cocok untuk kamu yang tidak ingin bagian depan rumah terlalu terekspos oleh orang luar karena keberadaan kendaraan di depan rumah akan menutupi halaman dan jendela depan rumah.

Garasi Rolling Door di Bagian Depan Rumah (Rolling Door Garage)

Rolling door membantu kamu mengamankan isi garasi kamu dengan mudah dan cepat (Rumah123.com) Rolling door membantu kamu mengamankan isi garasi kamu dengan mudah dan cepat (Rumah123.com/Getty Images)

Garasi ini cocok untuk kamu yang mengutamakan kepraktisan dan keamanan terutama bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Rolling door membantu kamu mengamankan isi garasi kamu dengan mudah dan cepat. Apabila kamu memiliki budget lebih, kamu bisa menambahkan modul penggulung pintu otomatis yang dikoneksikan dengan gadget atau kendaraan kamu, sehingga jika kamu sampai di rumah, pintu garasi akan terbuka dengan otomatis tanpa harus turun dari kendaraan yang sangat memudahkan mobilitasmu.

Baca juga: Tren Desain Interior di Sepanjang 2020

Garasi Bawah Tanah (Basement Garage)

Walaupun mahal, garasi model ini cocok untuk diterapkan kepada rumah jenis apapun. (Rumah123.com) Walaupun mahal, garasi model ini cocok untuk diterapkan kepada rumah jenis apapun. (Rumah123.com/Getty Image)

Garasi bawah tanah merupakan model garasi yang paling efisien dan tidak menyita ruang karena ia ditaruh dibawah bangunan dan tidak menyita ruang bangunan sama sekali. Garasi model ini cocok untuk diterapkan kepada rumah jenis apapun. Namun, perhatikan budgetmu karena pembuatan garasi model ini akan menelan biaya yang lumayan besar karena harus menggali dan mengecor bagian bawah tanah secara keseluruhan

Garasi dengan Perbedaan Level Lahan (Split Level Garage)

Garasi split level sangat cocok untuk rumah dengan lahan yang sempit - Rumah123.com Garasi split level sangat cocok untuk rumah dengan lahan yang sempit (Rumah123.com/Getty Images)

Apabila kamu punya kendala dengan lahan yang sempit, garasi dengan konsep split level merupakan pilihan tepat. Konsep ini biasa disebut konsep satu setengah, di mana terdapat perbedaan ketinggian level di masing-masing ruangan.

Bagikan: 1775 kali