OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Inilah Perangkat Elektronik untuk Rumah Minimalis

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

TV

Foto: Rumah123/iStock

Kalau rumahmu berdesain minimalis, butuh trik khusus agar tampak luas. Termasuk memilih perangkat elektronik yang pas untuk memunculkan kesan tersebut.

Berikut ini tips cerdas memilih alat elektronik yang bisa digunakan dalam rumah minimalis:

Ukuran perangkat

Karena ukuran ruang rumah minimalis terbatas, maka kamu tak bisa sembarangan meletakkan perangkat. Sejengkal pun luas ruang akan sangat memengaruhi aktivitas penghuni. Maka itu, jagalah kenyamanan sehari-hari di rumah dengan menyesuaikan ukuran dan penempatan barang.

Letakkan posisi televisi (TV) dengan tepat. Jarak pandang yang sehat ketika menonton TV adalah lima kali ukuran layar.

Selain itu, pilih TV berukuran 14-21 inci yang hanya membutuhkan jarak sekitar 2-3 meter dari mata. Supaya mengemat ruang, kamu bisa memilih TV  layar datar dan menempelkannya pada tembok.

Baca juga: Ini Lho… AC yang Kamu Butuhkan

Cek daya listrik

Rumah minimalis biasanya memiliki daya listrik 1.300 watt. Tetapi, ini bukan berarti kamu gak bisa menggunakan banyak alat elektonik. Cukup siasati dengan produk hemat listrik.

Banyak alternatif yang bisa kamu pilih, misalnya mengganti AC dengan kipas angin. Kamu juga bisa lebih memilih kulkas satu pintu yang hanya mengonsumsi setengah daya listrik ketimbang yang dua pintu.

Sesuaikan juga penggunaan listrik dengan timer dan hubungkan pada remote pengendali alat elektronik otomatis. Sekarang kamu bahkan semakin dimudahkan dengan adanya smartphone yang mendukung smart remote control. Dengan aplikasi tersebut, kamu dapat mengatur suhu AC, mengganti saluran TV  dan hal-hal lainnya cukup dengan satu alat.

Nilai praktis

Kelebihan hunian minimalis terletak pada kesederhanaannya. Menggunakan banyak alat elektronik bisa berisiko tegangan listrik naik-turun dan makan biaya besar. Selain itu, juga mengganggu pemandangan ruangan.

Makanya kamu hanya beli barang yang benar-benar kamu butuhkan. Jangan tergoda beli barang-barang yang kamu inginkan.


Tag: , , , ,