Studio Arsitektur asal Italia, Carlo Ratti Associati Mendesain Jalan Masa Depan (Rumah123/Curbed)

Di masa depan, jalan raya bakal terlihat berbeda dengan jalanan saat ini. Tidak ada lagi jalan aspal biasa, namun bayangkan kalau jalan malah berbentuk seperti kepingan puzzle.

Studio arsitektur asal Italia, Carlo Ratti Associati merilis rancangan jalan raya di masa depan. Biro ini bekerja dengan perusahaan asal Kanada, Sidewalk Labs.

Baca juga: Bermimpi Punya Kota Masa Depan Seperti Amaravati

Desain jalan raya ini bersama Dynamic Street Prototype. Bentuknya segi enam. Setiap modul akan dipasang seperti puzzle.

Saat ini modul ini terbuat dari kayu. Nantinya, jalan ini akan dibuat dari material beton di masa mendatang.

Baca juga:  Siapa Mau Kuliah di Kampus Masa Depan?

Ada lampu yang dipasang pada bagian jalan ini sehingga bisa membantu pengaturan lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki. Jalan juga didesain untuk jalur pengendara sepeda dan juga kawasan berbahaya.

Jalan ini juga bisa menjadi wadah plug and play. Sejumlah peralatan seperti rak sepeda, marka jalan, atau penanda arah bisa dimasukkan.

Baca juga:  Rumah Masa Depan Tuh Irit Listrik, Hemat Air, dan Anti Banjir, Rumah Kamu Gimana?

Dynamic Street Prototype merupakan pengembangan dari proyek Removable Urban Pavement. Sebuah proyek riset yang dilakukan di Nantes, Prancis.

Proyek ini ingin mengeksplorasi keuntungan dari jalan raya berbentuk modul. Nantinya, infrastruktur jalan akan semakin pintar, apalagi semakin banyak pengembangan mobil tanpa supir.

Wah, asyik juga ya kalau jalan raya di depan rumah kamu nantinya seperti ini. Apalagi kalau kendaraan kamu juga tidak perlu disetir ya.

Baca juga:  Perkenalkan Prototipe Rumah Masa Depan
Jalan Ini Berbentuk Segi Enam dan Bernama Dynamic Street Prototype (Rumah123/Curbed)
Bagikan: 515 kali