Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
 

Pembiayaan rumah dengan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) skema FLPP, suku bunganya pastinya lebih ringan ketimbang KPR konvensional atau KPR syariah. Selain itu, cicilannya ringan dan tetap (flat) selama masa cicilan (tenor).

KPR- FLPP terdiri atas KPR Sejahtera Tapak untuk pembelian rumah tapak dan KPR Sejahtera Susun untuk pembelian rumah susun. Karena FLPP merupakan bantuan pemerintah, maka tentu saja harga rumah dan besar gaji pemohon ada batasannya.

Harga rumah subsidi biasanya sekitar Rp130 jutaan dengan batas gaji pemohon sekitar Rp3-7 juta per bulan. Dengan skema FLPP (2016), kamu cukup membayar DP 1% dengan suku bunga tetap (flat) 5% selama masa cicilan hingga 20 tahun.

Baca juga: Kalau Gak Mau DP 0%, Ada KPR Skema FLPP dengan DP 1%

Dana FLPP disalurkan kepada bank penyalur atau pelaksana. Menurut Direktur Utama Pusat Pengelolahan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR, Budi Hartono, seperti dikutip detik.com, Minggu (5-8-2018), evaluasi terhadap 40 bank yang bekerja sama dengan Kementerian PUPR untuk menyalurkan dana FLPP, sampai dengan Semester I/2018, ada 8 bank pelaksana yang belum menyalurkan dana FLPP secara maksimal. Rinciannya, 3 bank umum nasional dan 5 bank pembangunan daerah.

"Bank yang dianggap tidak maksimal menyalurkan FLPP akan langsung dialihkan kuotanya ke bank pelaksana yang potensinya lebih besar," kata Direktur Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Lana Winayanti, seperti dikutip detik.com, Selasa (14-8-2018).

Baca juga: Penyaluran Dana FLPP Masih Belum Lancar, Lho… Kenapa?

Kementerian PUPR melalui PPDPP, melakukan adendum perjanjian Kerja sama Operasional (PKO) dengan 39 bank penyalur FLPP dan PKO dengan empat bank penyalur tambahan. Ke-4 bank tersebut yaitu BTN, BTN Syariah, KEB Hana Bank, dan BRI Agroniaga. Masuknya ke-4 bank ini, maka jumlah bank penyalur KPR- FLPP menjadi 43 bank.

Berikut 39 bank pelaksana/penyalur KPR skema FLPP:

Bank Arta Graha Internasional

Bank Rakyat Indonesia

Bank Negara Indonesia

Bank Mandiri

Bank Tabungan Pensiunan Nasional

Bank Sumut

Bank Riau Kepri

Bank Nagari

Bank Jambi

Bank Sumselbabel

Bank BJB

Bank DKI

Bank Jateng

Bank BPD DIY

Bank Jatim

Bank NTB

Bank NTT

Bank Bali

Bank Kaltimtara

Bank Kalbar

Bank Kalsel

Bank Kalteng

Bank SulutGo

Bank Sulteng

Bank Sultra

Bank Sulselbar

Bank Papua

Bank BRI Syariah

Bank Syariah Mandiri

Bank Aceh

Bank Sumut Syariah

Bank Jambi Syariah

Bank Sumselbabel Syariah

Bank BJB Syariah

Bank Jateng Syariah

Bank Jatim Syariah

Bank Kaltimtara Syariah

Bank Kalsel Syariah

Bank Sulselbar Syariah

*

Bagikan: 4062 kali