Kayu, material yang sangat disukai rayap. Foto: Rumah123/Pexels Kayu, material yang sangat disukai rayap. Foto: Rumah123/Pexels

Banjir dan hujan yang turun terus-menerus biasanya akan mengundang serangga, salah satunya rayap ke rumahmu. Mereka biasa mencari tempat-tempat yang hangat untuk tinggal, salah satunya adalah di bagian dalam rumahmu.

Rayap biasanya bekerja sepanjang hari dan memakan kayu-kayu di rumahmu. Tentunya hal ini bisa merusak kondisi rumah maupun perabotan kayu di dalamnya. Baiknya, perkembangbiakan rayap pada rumahmu segera dicegah sebelum terlambat.

Ada beberapa cara untuk mencegahnya. Apa sajakah itu? Yuk, simak!

Cari sumbernya

Ketika rayap merajai rumahmu, langkah pertama yang harus kamu lakukan langsung mencari sumber utama pengundang rayap. Sumber utama itu, kayu yang merupakan makanan empuk para rayap.

Kamu harus memastikan kayu di rumah tidak lembap. Aroma kayu yang lembap akan mengundang rayap untuk datang. Jagalah pula kayu agar tidak memiliki kontak langsung dengan tanah.

Gunakan dedaunan

Untuk mengusir rayap, kamu bisa menggunakan daun pepaya dan daun sirih. Caranya, masukkan daun pepaya dan daun sirih dalam blender dengan perbandingan 2:1. Dua untuk daun pepaya dan satu untuk daun sirih. Setelah itu, tambahkan air secukupnya.

Campurkan pada blender hingga lembut. Setelah lembut, saring airnya. Tambahkan air saringan tersebut dengan alkohol 70% dengan perbandingan 2:3. Masukkan alat penyemprot, semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.

Baca juga: Ini Alasan Pilih Meja Kayu untuk Dapur

Manfaatkan puntung rokok

Selain menggunakan dedauan, kamu pun dapat menggunakan puntung rokok untuk mengusir rayap. Rendam 10 batang puntung rokok dalam dua gelas air dan garam 1/2 sendok makan. Diamkan larutan tersebut selama semalam.

Saring larutan dan masukkan dalam alat penyemprot. Semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.

Bahan kimia

Sebagai alternatif, kamu pun bisa menggunakan bahan kimia yang mengandung termisida untuk membasmi rayap. Kamu hanya perlu menyemprotkan langsung ke sarang dan kayu-kayu yang telah terserang rayap.

Meski bahan kimia ini sangat ampuh, sebaiknya kamu waspada dan menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu karena termisida pun berpotensi merugikan kesehatan. (WIt)

Bagikan: 1391 kali