islam melarang pacaran

Inilah alasan mengapa Islam melarang pacaran yang penting untuk kamu ketahui. Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Sebelum memasuki jenjang pernikahan, umumnya sepasang pasangan melalui fase pacaran untuk mengenal kepribadian satu dengan yang lain.

Untuk gaya hidup masyarakat barat, hal tersebut sudah menjadi hal yang sangat lumrah.

Sebaliknya, dalam beberapa kultur budaya timur, fase pacaran masih menjadi perdebatan dan kontra bagi sebagian pihak.

Bagi umat Muslim, perdebatan mengenai boleh atau tidaknya sepasang pasangan melalui fase pacaran juga masih menjadi tanda tanya.

Ada yang menganggap langkah tersebut dilarang.

Ada juga yang tidak keberatan apabila sepasang pasangan untuk melalui proses pacaran sebelum menikah.

Namun seperti apa peraturan yang sebenarnya mengenai pacaran dalam ajaran Islam?

Yuk, langsung saja kita simak alasan mengapa Islam melarang pacaran berikut ini, melansir Okezone.com.

Alasan Mengapa Islam Melarang Pacaran dalam Al Quran

Mengapa islam melarang pacaran

Islam telah mengeluarkan larangan keras untuk berpacaran. 

Melansir dari berbagai sumber, beberapa larangan itu tertulis jelas di Al Quran dan tertuang di hadist-hadist nabi, sebab pacaran dalam konsep pemikiran Islam sangat mengarah kepada perbuatan zina. 

“Dan janganlah kalian mendekati perbuatan zina, sesungguhnya itu adalah perbuatan nista dan sejelek-jelek jalan.” (Al-Isra: 32)

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”(An-Nur: 30)

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (An-Nur ayat 31)

“Maka janganlah kalian (para istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam) berbicara dengan suara yang lembut, sehingga lelaki yang memiliki penyakit dalam kalbunya menjadi tergoda dan ucapkanlah perkataan yang ma’ruf (baik).” (Al-Ahzab: 32)

Dari keterangan Al Quran, larangan berpacaran juga tertuang melalui hadist Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW bersabda, “Telah ditulis bagi setiap Bani Adam bagiannya dari zina, pasti dia akan melakukannya, kedua mata zinanya adalah memandang, kedua telinga zinanya adalah mendengar, lidah(lisan) zinanya adalah berbicara, tangan zinanya adalah memegang, kaki zinanya adalah melangkah, sementara kalbu berkeinginan dan berangan-angan, maka kemaluan lah yang membenarkan atau mendustakan.” (HR : Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka jangan sekali-kali dia berkhalwat dengan seorang wanita tanpa disertai mahramnya, karena setan akan menyertai keduanya.” (HR. Ahmad)

“Demi Allah, sungguh jika kepala salah seorang dari kalian ditusuk dengan jarum dari besi, maka itu lebih baik dari menyentuh wanita yang tidak halal baginya.” (HR. Ath-Thabarani dan Al-Baihaqi dari Ma’qil bin Yasar radhiyallahu ‘anhu, dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 226)

Nah, itulah alasan mengapa Islam melarang pacaran.

Semoga bermanfaat, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di The Kensington Royal Suite Jakarta Utara.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
330 kali